Segera Dicanangkan Donor Plasma Konvalesen jadi Gerakan Nasional

- 14 Januari 2021, 22:31 WIB
Ilustrasi donor plasma konvalesen
Ilustrasi donor plasma konvalesen //hoag Covid-19

KABAR JOGLOSEMAR - Melihat keampuhan donor plasma konvalesen dalam menyembuhkan pasien Covid-19 yang masih dirawat, pemerintah akan menggerakkan para penyintas Covid-19 untuk menjadi pendonor.

Dan untuk menggugah kesadaran para penyintas Covid-19 untuk melakukan donor, pemerintah akan mencanangkan donor plasma konvalesen jadi gerakan nasional.

Dalam waktu dekat, pemerintah akan mencanangkan gerakan ini secara daring dan luring di Kantor Pusat PMI di Jakarta, yang menurut rencana akan diikuti Presiden Joko Widodo atau Jokowi. 

Baca Juga: Siap Disuntik Vaksin COVID-19? Simak Dulu 16 Kriteria Orang Belum Boleh Terima Vaksinasi

Pencanangan donor plasma konvalesen sebagai gerakan nasional sangat penting untuk menggugah kesadaran para penyintas agar mau mendonorkan darahnya guna membantu pasien Covid-19 yang masih dirawat agar segera sembuh.

Menurut Menteri PMK Muhajir Effendy yang dikutip Kabar Joglosemar dari laman resmi kominfo, dengan adanya gerakan ini diharapkan bisa menumbuhkan kesadaran pendonor-pendonor potensial sehingga mampu menekan angka kematian akibat Covid-19 di Indonesia.

Apalagi jumlah pasien sembuh dri virus corona di Indonesia sangat besar mencapai 82 persen lebih, sehingga darah mereka cukup banyak untuk didonorkan kepada pasien yang masih dirawat agar segera sembuh.

Baca Juga: Besok Hari Jumat, Ayo Baca Surat Al Kahfi 1-10 untuk Mendapat Keberkahan

"Mudah-mudahan dengan beramai-ramai mendonor konvalesen, para penyintas Covid-19 ikut mencegah angka fatalitas Covid-19 di Indonesia yang masih di atas rata-rata dunia," kata Menko PMK.

Halaman:

Editor: Sunti Melati

Sumber: Kominfo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x