Posisi Diduga Black Box Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 Ditemukan, Simak Cara Kerjanya!

- 10 Januari 2021, 16:40 WIB
Ilustrasi black box pesawat yang bisa ungkapkan penyebab Sriwijaya Air SJ 182 jatuh.
Ilustrasi black box pesawat yang bisa ungkapkan penyebab Sriwijaya Air SJ 182 jatuh. /ANTARA FOTO/ Aprilio Akbar

KABAR JOGLOSEMAR- Proses pencarian black box Sriwijaya Air SJ 182 mulai menemukan titik terang, seiring telah ditemukannya black box milik pesawat Sriwijaya Air SJ 182.

Hal ini disampaikan Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto dalam jumpa pers di JICT 2 yang mengungkapkan bahwa Basarnas telah menemukan titik lokasi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air melalui sinyal black box yang sudah dapat dideteksi.

Baca Juga: Kenapa Black Box Pesawat Terbang Tidak Berwarna Hitam? Simak Penjelasannya di Sini

"Tim dari TNI dan Basarnas, termasuk stakeholder TNI dan Polri saat ini terus berupaya untuk mendapatkan black box yang posisinya diduga kuat adalah posisi black box yang kita cari. Secepatnya akan kita angkat black box untuk segera diberikan pada KNKT agar ditelusuri penyebab terjadinya kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182," terang Hadi.

Untuk lebih mengetahui bagaimana cara kerja black box, seperti dikutip Kabar Joglosemar dari laman How Stuff Works, kotak hitam atau black blox adalah sekumpulan perangkat yang digunakan dalam bidang transportasi, umumnya merujuk pada perekam data penerbangan (FDR) dan perekam suara kokpit (CVR) dalam pesawat terbang.

Fungsi dari black box adalah untuk merekam pembicaraan antara pilot dan pemandu lalu lintas udara atau Air Traffic Control (ATC) serta untuk mengetahui tekanan udara dan kondisi cuaca selama penerbangan.

Ada dua unit black box yang terdiri dari perekam suara kokpit (CVR) dan perekam data penerbangan (FDR).

FDR sendiri bertugas untuk merekam berbagai suara yang berhubungan dengan operasi penerbangan, seperti waktu, ketinggian, kecepatan, arah, dan kondisi pesawat.

Baca Juga: Korban Sriwijaya Air SJ 182 yang Ditemukan TIM SAR Ditempatkan dalam 5 Kantong Jenazah

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x