Kenapa Black Box Pesawat Terbang Tidak Berwarna Hitam? Simak Penjelasannya di Sini

- 10 Januari 2021, 16:31 WIB
Ilustrasi black box pesawat yang bisa ungkapkan penyebab Sriwijaya Air SJ 182 jatuh.
Ilustrasi black box pesawat yang bisa ungkapkan penyebab Sriwijaya Air SJ 182 jatuh. /ANTARA FOTO/ Aprilio Akbar



KABAR JOGLOSEMAR - Baru-baru ini, pesawat terbang Sriwijaya Air SJ 182 jatuh di perairan kepulauan Seribu. Hingga kini, proses evakuasi dan pencarian black box atau kotak hitam masih berlangsung.

Seperti diketahui, black box memiliki peran yang sangat krusial dalam sebuah pesawat terbang. Black box juga merupakan salah satu komponen yang wajib disematkan di pesawat.

Black Box sendiri akan berguna ketika sebuah kecelakaan pesawat terjadi. Penyebab terjadinya kecelakaan pesawat dapat dengan mudah diketahui melalui alat tersebut.

Baca Juga: 9 Januari Jadi Tanggal Spesial Pernikahan Felicya Angelista dan Caesar Hito, Ini Alasannya

Black Box merupakan alat yang tahan dari segala medan. Hal ini terbukti karena black box mampu bertahan sekalipun pada suhu setinggi 1.100 derajat celcius.

Selain tingkat ketahanannya, begitu beragam fungsi dari black box yaitu mampu merekam percakapan pilot di dalam hingga luar kokpit.

Tak hanya itu, Black Box juga bisa menyimpan seluruh data dalam sebuah pesawat. Mulai dari ketinggian, riwayat penggunaan, hingga input yang dilakukan pilot semuanya terdata dalam benda kokoh ini.

Baca Juga: Preview Drakor Mr Queen Episode 10, Kim Jung Hyun Tunjukan Perasaannya pada Shin Hye Sun

Baca Juga: Di Tengah Kabar Kontrak Akan Berakhir, Mark: Tidak Ada yang Akan Berakhir

Lantas, banyak pertanyaan mengenai warna yang kerap muncul di benak kita apabila mendengar kata Black Box. Tidak seperti namanya 'Black' yang berarti hitam, justru biasanya Black Box dicat dengan warna oranye.

Hal ini tidak serta-merta tanpa tujuan. Tujuan Black Box dicat oranye atau warna mencolok yang lain iala digunakan untuk mempermudah petugas menemukan Black Box.

Apabila Black Box di cat warna gelap seperti hitam, maka proses untuk menemukan benda kokoh ini menjadi sangat sulit, meskipun Black Box memiliki ukuran yang tergolong besar.

Baca Juga: Member GOT7 Kompak Unggah Foto Kebersamaan, Netizen: GOT7FOREVER

Baca Juga: Riwayat Kecelakaan Pesawat Selama 5 Tahun Terakhir yang Terjadi di Indonesia

Selain itu, Black Box tidak dicat hitam juga untuk mencegah karat yang bisa merusak kondisi fisik dari alat ini.

Editor: Sunti Melati

Sumber: hopes and fear


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x