Semua Wilayah Jogja Zona Merah? Ini Penjelasan Satgas Penanganan COVID-19

- 24 November 2020, 16:20 WIB
Ilustrasi corona.
Ilustrasi corona. /Pixabay/Tumisu

KABAR JOGLOSEMAR - Beberapa hari terakhir beredar informasi bahwa semua wilayah Jogja masuk zona merah membara virus Corona.

Informasi tersebut tentu sangat meresahkan masyarakat bahkan membuat warga maupun wisatawan dari luar Jogja bertanya-tanya.

Baca Juga: Pendaftaran BLT BPUM Masih Dibuka, Strategi Pemerintah untuk Gerakkan Ekonomi UMKM

Karena itu, untuk meluruskan informasi tersebut, Ketua Gugus Tugas COVID-19 Kota Yogyakarta yang juga Wakil Walikota Yogyakarta Drs Heroe Poerwadi MA, menyodorkan data dan fakta yang sebenarnya.

Berdasarkan data Satgas Covid-19 Kota Yogyakarta, menurut Heroe Poerwadi kepada Kabar Joglosemar, Selasa (24/11/2020), dari 45 kelurahan di Kota Yogyakarta tidak ada satu pun yang masuk dalam zona merah. Hanya ada 9 kelurahan masuk zona kuning dan 36 zona oranye.

"Tdak ada kelurahan yang masuk zona merah. Sampai saat ini Kota Yogyakarta kategorinya zona oranye atau resiko sedang," kata Heroe Poerwadi.

Dikatakan, penghitungan untuk menentukan indeks zona virus Coronan didasarkan pada 3 indikator utama yaitu epidemiologi, surveilans dan ketersediaan layanan kesehatan, yang dibagi menjadi 14 variabel.

Di antaranya menyangkut angka kenaikan atau penurunan kasus positif, kesembuhan dan kematian.

Baca Juga: Member BTS Ungkap Inspirasi dari Lagu Spring Day

Selain itu, jumlah spesimen yang diperiksa dan angka positif rutenya serta ketersediaan kamar isolasi maupun ICU. Dari indikator dan variabel terebut Kota Yogyakarta ada di zona oranye.

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x