Kemenkes Turunkan 5 Ribu Pelacak Kontak di 10 Provinsi Untuk Percepat Tracing Kasus Corona

- 23 November 2020, 14:23 WIB
Ilustrasi Covid-19. /Pixabay/Eduardo RS
Ilustrasi Covid-19. /Pixabay/Eduardo RS /

 

KABAR JOGLOSEMAR - Kurun waktu 2 pekan terakhir tugas Satgas Penanganan Covid 19 semakin bertambah mengingat banyaknya kasus kerumunan massa yang.terjadi beberapa waktu terakhir. 

Satgas Penanganan Covid 19 mencatat ada beberapa kerumunan massa di wilayah DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat yang berisiko memunculkan klaster penularan baru  di Indonesia.

Untuk mengantisipasi adanya lonjakan pasien akibat dari kegiatan tersebut, saat ini Kementerian Kesehatan tengah melakukan pemantauan serta contact tracing di ketiga wilayah tersebut yakni Provinsi DKI Jakarta (Kecamatan Petamburan, Kecamatan Tebet), Provinsi Jawa Barat (Kecamatan Megamendung, Kab. Bogor).

Baca Juga: Indonesia Jadi Negara Penyumbang Kasus Corona Terbanyak di ASEAN

Baca Juga: Selebgram Millen Cyrus Ditangkap Polisi karena Dugaan Narkoba, Netizen Soroti Gaunnya

Hasilnya, berdasarkan data yang dihimpun dari hasil pemeriksaan PCR di Labkesda per tanggal 21 November 2020, ditemukan total 50 orang terkonfirmasi positif di Tebet, Petamburan 30 kasus positif dan Mega Mendung sebanyak 15 orang (menunggu hasil pemeriksaan). Tak hanya di tiga daerah tersebut, tracing juga akan terus dilakukan secara masif dengan cakupan yang lebih luas.

Plt. Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit M. Budi Hidayat dalam keterangannya dikutip dari laman resmi Kemkes.go.id, Minggu, 22 November 2020 mengatakan, untuk mempercepat tracing saat ini Kemenkes dan satgas telah menurunkan lebih dari 5.000 pelacak kontak di 10 provinsi prioritas untuk menelusuri penularan dan kontak erat. 

Masyarakat diminta agar terbuka dan mendukung para relawan pelacak kontak sebagai kontribusi memotong rantai penularaan.

''Kemenkes bersama fasyankes terus melakukan pelacakan di tingkat kecamatan/puskesmas, percepatan pemeriksaan spesimen dan merujuk kasus konfirmasi tanpa gejala ke wisma/hotel tempat isolasi,'' ujarnya.

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani

Sumber: Kemenkes


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x