Ada Jasa Joki Kartu Prakerja, Manajemen Kartu Prakerja Ungkap Sebab dan Modusnya

- 15 Oktober 2020, 17:14 WIB
Waspadai modus joki Kartu Prakerja berikan jaminan lolos 100%
Waspadai modus joki Kartu Prakerja berikan jaminan lolos 100% /Mantra Sukabumi

KABAR JOGLOSEMAR - Banyaknya ketidaktahuan masyarakat tentang pendaftaran Kartu Prakerja ternyata memunculkan adanya jasa joki pendaftaran Kartu Prakerja.

Joki ini tugasnya untuk membantu calon peserta untuk mendaftar dan diberikan upah sebagai balas jasanya.

Adanya joki prakerja ini diakui oleh Manajeman Pelaksana Kartu Prakerja. Joki ini menawarkan jasa untuk membantu pendaftaran, proses pelatihan, hingga pencairan insentif peserta.

Masyarakat yang menggunakan joki pun memberikan upah jasa. Besaran upah yang diterima joki mulai dari Rp 50 ribu.

Dikutip dari Kabar DIY dalam artikel yang berjudul Pemerintah Ungkap Modus Jasa Joki Kartu Prakerja, Upah Mulai dari Rp 50 Ribu hingga Janjikan Lolos Hengki pun menjelaskan, hadirnya joki ini lantaran ketidaktahuan dan kurangnya literasi masyarakat untuk mendaftar Kartu Prakerja. 

"Joki itu timbul karena memang ada yang mau ingin mendaftar ke website Kartu Prakerja, tapi dia tidak tahu. Nah Joki ini kan sebenarnya dari sisi kriminalitasnya tidak ada," kata Direktur Operasional Kartu Prakerja, Hengki Sihombing, dalam webinar Kartu Prakerja, Rabu, 14 Oktober 2020.

Apalagi, segala tahap dan proses pendaftaran kartu Prakerja ini dilakukan secara digital dan online yang kurang dipahami oleh masyarakat awam.

Dia pun menambahkan, joki hadir lantaran ketidaktahuan dan kurangnya literasi masyarakat untuk mendaftar Kartu Prakerja. Terlebih seluruh proses pendaftaran hingga penyaluran insentif Kartu Prakerja itu dilakukan secara digital. 

“Balik lagi ini adalah literasi. Kenapa? Karena peserta tidak tahu atau bahkan malas, tidak mau membaca cara mendaftar Kartu Prakerja. Padahal hanya masuk email, verifikasi, dan lain-lain,” jelas Hengki.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Denni Purbasari, menjelaskan ada dua macam joki Kartu Prakerja yang marak di media sosial.

Halaman:

Editor: Sunti Melati

Sumber: Berita DIY


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x