80 Orang dari Massa Acara Habib Rizieq Terkonfirmasi Positif Virus Corona

- 22 November 2020, 23:06 WIB
Massa menunggu kedatangan Habib Rizieq Shihab di Markas Besar FPI, Petamburan, Jakarta, Selasa (10/11/2020).
Massa menunggu kedatangan Habib Rizieq Shihab di Markas Besar FPI, Petamburan, Jakarta, Selasa (10/11/2020). /ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha

KABAR JOGLOSEMAR - Sebanyak 80 orang dari massa yang mengikuti acara Imam Besar FPI, Habib Rizieq, terkonfirmasi positif virus corona.

Adanya penambahan kasus konfirmasi positif dari massa acara itu dikonfirmasi pada Minggu, 22 November 2020 malam berdasarkan hasil tes PCR.

Berdasarkan keterangan yang beredar, 50 orang dari massa acara Habib Rizieq yang terkonfirmasi positif virus corona berasal dari Tebet. Sementara sisanya 30 orang berasal dari Petamburan.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Budi Hidayat, mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan PCR, 80 orang dari massa di acara Habib Rizieq diketahui terkonfirmasi positif.

Baca Juga: Buntut Kerumunan Acara Habib Rizieq Shihab, Ini yang Dilakukan oleh Polda Metro Jaya

Seperti dikutip Kabar Joglosemar dari Pikiran Rakyat, Minggu, 22 November 2020, Kementerian Kesehatan masih menunggu hasil tes PCR terhadap 5 kasus yang ikut kerumunan di Bogor, Jawa Barat.

Untuk kerumunan yang sedang ditunggu hasil PCR nya merupakan kerumunan terjadi pada acara keagamaan dan perkawinan yang menghadiri acara Habib Rizieq.

Terkait penambahan itu, Kemenkes meminta siapa pun yang mengikuti kedua acara tersebut untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari.

Hal yang sama perlu dilakukan oleh siapa pun yang merasa melakukan kontak erat dengan mereka yang ikut kerumunan masa tersebut.

Baca Juga: Gunung Merapi Bisa Meletus Kapan Saja, 4 Kabupaten di Jogja dan Jawa Tengah Siap-siap!

Baca Juga: Maaf, Pekerja dengan 7 Rekening Ini Belum Bisa Dapat BLT BPJS Ketenagakerjaan Tahap 4

"Kami mengimbau siapa pun yang mengikuti dan yang merasa kontak erat dengan orang yang hadir dalam kedua acara tersebut agar melakukan isolasi mandiri selama 14 hari," ujar Budi.

Pihaknya menambahkan jika ada masyarakat yang melakukan isolasi mandiri dan mengalami gejala virus corona seperti batuk, pilek, sesak napas, sakit tenggorokan dan hilang indra penciuman dan perasa agar segera memeriksakan diri ke Puskesmas terdekat untuk menjalani pemeriksaan tes PCR.

Menurut Budi, Kemenkes meminta siapa pun baik itu tokoh masyarakat, tokoh agama ataupun pimpinan daerah agar memberikan contoh dan teladan yang baik bagi masyarakat luas dalam penerapan protokol kesehatan.

Baca Juga: Cara Cek Nama Penerima BSU Kemendikbud untuk Guru dan Dosen, Sudah Cair Hari Ini

Adanya temuan konfirmasi positif corona dari peserta massa acara Habib Rizieq, Budi mengaku Kemkes terus memantau penularan virus corona secara ketat di tempat acara tersebut, baik di Petamburan maupun di Bandara Soekarno Hatta, Tebet maupun Bogor.

Pihaknya terus berupaya mencegah penularan virus corona bersama siapa pun agar pandemi virus corona segera bisa diatasi. ***

Editor: Galih Wijaya

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x