4,2 Juta Hektar Lahan Perhutanan Diserahkan kepada Rakyat

- 3 November 2020, 21:41 WIB
Ilustrasi hutan.
Ilustrasi hutan. /Pixabay/Valiphotos

KABAR JOGLOSEMAR - Pemerintah sudah menyerahkan 4,2 juta hektar lahan perhutanan untuk dikelola masyarakat.

Jumlah tersebut menjadi bagian dari target 12,7 juta hektar perhutanan sosial yang hendak diserahkan kepada rakyat.

Baca Juga: Ramai Aksi Boikot, Ini 10 Produk Prancis yang Sering Dipakai Sehari-hari

Hal ini merupakan realisasi dari program perhutanan sosial yang dicanangkan pemerintah untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat. Program tersebut sudah dilaksanakan pemerintah selama enam tahun.

Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (3/11/2020) meminta jajarannya agar segera menyelesaikan target perhutanan sosial tersebut.

Sebab, dari 12,7 juta hektar lahan perhutanan yang ditargetkan untuk dikelola masyarakat, sampai September 2020 baru 4,2 juta yang terealisasi.

Menurut Presiden Joko Widodo yang dikutip Kabar Joglosemar.com dari laman resmi kominfo.go.id, masih sangat banyak lahan perhutanan yang belum diserahkan untuk dikelola masyarakat.

Karena itu, sisa lahan perhutanan sebanyak sekitar 8 juta hektar lebih harus bisa diselesaikan dan diserahkan pengelolaannya kepada masyarakat.

"Harus bisa diselesaikan dalam waktu 4 tahun mendatang. Meski ada peningkatan secara akumulatif dalam 5 tahun pertama, namun masih ada sisa lahan cukup banyak mencapai 8 juta hektar lebih yang perlu segera diselesaikan," kata Presiden Joko Widodo.

Baca Juga: Ini yang Membuat Lay EXO Trending di Twitter dan Dapat Komentar Negatif

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x