Berkat Sekoper Cinta, Atalia Praratya Raih Gelar Doktor dengan Predikat Cumlaude

- 11 Oktober 2022, 15:46 WIB
Atalia Pararatya saat mengikuti wisuda S3 di Universitas Padjajaran Bandung 10 Oktober 2022.
Atalia Pararatya saat mengikuti wisuda S3 di Universitas Padjajaran Bandung 10 Oktober 2022. /Instagram@ataliapr/

KABAR JOGLOSEMAR - Istri Gubernur Jawa Barat, Atalia Praratya baru saja lulus dari Program Doktor Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Unpad) dengan yudisium predikat cumlaude.

Adapun sidang promosi Doktor Atalia dipimpin oleh Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti.

Ibu Cinta (sapaan akrab Atalia) ini lulus setelah mempertahankan disertasinya yang berjudul “Pengaruh Pengembangan Program Komunikasi Instruksional Sekolah Nonformal ‘Sekoper Cinta’ Terhadap Perilaku Peserta Didik di Provinsi Jawa Barat”.

Baca Juga: Ucapan Selamat Ridwan Kamil Kepada Atalia Praratya yang Telah Lulus Program Doktor Ilmu Komunikasi Unpad

Mengutip dari laman unpad.ac.id, di dalam penelitiannya itu, Atalia menemukan rancangan dan implementasi komunikasi instruksional “Sekoper Cinta” yang berpengaruh signifikan terhadap perilaku peserta didik.

Atalia juga mengungkap adanya perbedaan karakterisitik individu, seperti tingkat pendidikan, usia, status perkawinan, dan etnis budaya tidak berkontribusi signifikan pada pengaruh rancangan dan implementasi komunikasi instruksional terhadap perilaku peserta didik.

Baca Juga: iPhone SE 4 Diprediksi Rilis Awal Tahun 2023, Jadi Seri SE Pertama dengan Ukuran Besar dan Berponi?

Menggunakan metode kuantitaif dengan desain studi ekplanatori, populasi pada penelitian ini terdiri atas seluruh peserta didik “Sekoper Cinta” Tahun 2019 sebanyak 2.700 orang dengan ukuran sampel 270 orang yang diambil menggunakan teknik sampling acak sederhana.

Sekoper Cinta sendiri merupakan sekolah nonformal perempuan di level pemerintah provinsi yang dilaksanakan serentak di Jawa Barat sejak 2019. Di Sekoper Cinta itu, Atalia Praratya berperan sebagai ketua umumnya.

Halaman:

Editor: Sunti Melati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x