Lengkap! Ini Penetapan Sidang Isbat, NU, dan Muhammadiyah Terkait Idul Adha 2022

- 1 Juli 2022, 22:56 WIB
Sidang isbat untuk menentukan Idul Adha
Sidang isbat untuk menentukan Idul Adha /Kemenag


KABAR JOGLOSEMAR - Berikut adalah informasi mengenai penetapan hari raya Idul Adha berdasarkan Sidang Isbat, NU dan Muhammadiyah.

Menjelang hari raya Idul Adha 2022, masyarakat telah menantikan penetapan terkait tanggal berapa Idul Adha akan dilaksanakan.

Baca Juga: Simak Jadwal Idul Adha 2022 Berdasarkan Hasil Sidang Isbat

Sebagaimana diketahui, penetapan Idul Adha 2022 di Indonesia diwarnai dengan perbedaan akibat adanya perbedaan metode penentuan hilal yang digunakan.

Metode penentuan hisab dengan wujudul hilal artinya menggunakan perhitungan astronomis.

Sedangkan metode rukyatul hilal didasarkan pada penglihatan dan pengamatan hilal atau bulan sabit muda sangat tipis pada fase awal bulan baru secara langsung.

Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU) sudah lebih dulu menetapkan waktu permulaan bulan Zulhijah.

Sedangkan Pemerintah baru merilis hasil sidang isbat penentuan awal Zulhijah sekaligus untuk penetapan Idul Adha 2022 pada Rabu (29/6/2022) malam.

Melansir dari berbagai sumber, berikut adalah rangkuman lengkap terkait jadwal Idul Adha 2022 berdasarkan Sidang Isbat, NU dan Muhammadiyah, simak di bawah ini.
1. Penetapan Idul Adha Versi NU
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menetapkan 10 Zulhijah 1443 H jatuh pada Minggu, 10 Juli 2022 dan 1 Zulhijah pada Jumat, 1 Juli 2022.

Halaman:

Editor: Michael L W


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x