Usai Pemakaman Eril, Ridwan Kamil Ucapkan Terimakasih Kepada Masyarakat Hingga Presiden Jokowi

- 13 Juni 2022, 20:11 WIB
Gubernur Jabar sekaligus ayah almarhum Emmeril Kahn Mumtadz, Ridwan Kamil saat sambutan.
Gubernur Jabar sekaligus ayah almarhum Emmeril Kahn Mumtadz, Ridwan Kamil saat sambutan. /Tangkap layar YouTube Humas Jabar
 
KABAR JOGLOSEMAR - Setelah prosesi pemakaman Emmeril Khan Mumtadz alias Eril (13/6/2022), Gubenur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyampaikan ucapan terimakasih kepada sejumlah pihak.
 
Dalam sambutannya yang dikutip langsung melalui live streaming SCTV, Ridwan Kamil berterima kasih kepada masyarakat yang sudah menghormati privasi keluarganya selama Eril hilang.
 
Sebagaimana diketahui, Putra Ridwan Kamil itu sebelumnya dinyatakan hilang selama 14 hari di Sungai Aare, Bern, Swiss.
 
 
"Kami selaku orang tua tentunya hanya bisa menyampaikan terima kasih dan doa, mudah-mudahan kebaikan kawan-kawan semua yang sangat menghormati privasi kami selama 14 hari," ujarnya, Senin (13/6/2022) dalam sambutan singkatnya.
 
Ridwan Kamil juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin atas segala dukungan dan doa yang diberikan selama pencarian hingga pemakaman Eril berlangsung.
 
"Atas nama keluarga almarhum Emmmeril Kahn Mumtadz, saya yang pertama menghaturkan terima kasih kepada Bapak Presiden Joko Widodo, kepada Bapak Wakil Presiden Ma'ruf Amin, kepada para menteri Kabinet Indonesia Maju," ucap Ridwan Kamil.
 
 
Sejumlah pihak lain yang membantu dalam pencarian Eril hingga ditemukan jasad nya, Kang Emil (panggilan akrab Ridwan Kamil) juga mengucapkan terimakasih.
 
Tak hanya menyampaikan rasa terima kasih, Gubernur Jawa Barat ini turut mengutarakan perasaannya selama proses pencarian Eril. 
 
Ridwan Kamil menyebut hilangnya ananda Eril selama 14 hari dan tanpa kepastian merupakan sesuatu yang melelahkan. Namun, Ia mengaku memperoleh pelajaran yang luar biasa dari kejadian hilangnya Eril tersebut. 
 
 
Kehidupan putra sulungnya disebut singkat, tetapi dianggap penuh manfaat. 
 
“Dalam rentang 14 hari yang sejujurnya sangat melelahkan, namun kami pun banyak mendapat pelajaran dan kearifan. Tentang hidup Eril yang secara kasat mata rasanya terlalu singkat, tapi setelah dicermati ternyata kehidupannya sangat padat penuh manfaat," ujarnya.
 
Ridwan Kamil menganggap meninggalnya Eril adalah bentuk pencukupan amal di dunia oleh Tuhan Yang Maha Esa. Meski berat, namun Ayah Eril ini mengaku telah mengikhlaskan kepergian putranya.
 
 
“Kami mengikhlaskan Eril pergi karena kami akhirnya menyadari bahwa Allah telah mencukupkan seluruh amal-amalnya untuk menutupi kemungkinan bertambah kekhilafannya," terang Ridwan Kamil.
 
Di akhir, Ridwan Kamil menyampaikan permohonan maaf apabila semasa hidup Eril berbuat kekhilafan yang menyakiti sesamanya.
 
Jenazah Emmeril Khan Mumtadz telah dikebumikan hari ini, Senin (13/6/2022) di Kawasan Cimaung, Bandung, Jawa Barat.***

Editor: Michael L W


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x