Mulai 17 Agustus 2021, Jalur KA dari Stasiun Tugu ke YIA Beroperasi

- 29 Juli 2021, 09:17 WIB
Ilustrasi perjalanan menggunakan kereta api
Ilustrasi perjalanan menggunakan kereta api /Instagram.com/ @agendasolo

KABAR JOGLOEMAR - Mulai 17 Agustus 2021, jalur kreta api (KA) dari Stasiun Tugu Yogyakarta ke Bandara Internasional Yogyakarta atau YIA (Yogyakarta International Airport) beroperasi.

Pengoperasian jalur kereta api Stasiun Tugu Yogyakarta yang menghubungkan YIA di Kulon Progo akan semakin melengkapi pilihan moda transportasi lanjutan yang kini telah ada di YIA, seperti shuttle bus, taksi bandara (taksi reguler dan taksi daring), bus DAMRI, kereta api dari stasiun terdekat (Stasiun Tugu) dan sebagainya.

Baca Juga: Mudah! Ini Cara Mengatasi Kepedasan dan Perut Panas Setelah Makan Pedas

Menurut Handy Herydhitiawan, Vice President Corporate Secretary PT Angkasapura I, dalam siaran pers yang diterima Kabar Joglosemar pada Rabu, 28 Juli 2021, pengoperasian jalur kereta api dari Stasiun Tugu Yogyakarta ke YIA di Kulonprogo bagian dari sinkronisasi desain konektivitas dari dan menuju YIA.

Dikatakan, YIA di Kulon Progo akan semakin mudah diakses melalui jalur darat dengan kehadiran akses jalan tol yang terkoneksi langsung dengan YIA.

Bahkan sudah disepakati sinkronisasi desain konektivitas jalan tol yang akan terhubung dengan YIA, yaitu Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo dengan Jalan Akses Tol menuju YIA dan Jalan Akses Tol menuju Akses YIA-Borobudur (Kawasan Bedah Menoreh).

Kesepatakan itu dicapai antara Direktorat Jenderal Bina Marga, Sekretariat DIY, PT Angkasa Pura I (Persero), Badan Pengatur Jalan Tol dan PT Jogjasolo Marga Makmur.

Baca Juga: Ini Tanda-tanda Tubuh Kekurangan Protein, Gampang Lapar Hingga Mudah Lelah

Kesepakatan terkait sinkronisasi desain konektivitas tol yang akan terhubung dengan YIA tersebut, menurut Handy Herydhitiawan, mencakup rencana desain akses simpang susun YIA pada Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA dengan desain persimpangan tidak sebidang dari dan menuju YIA.

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x