Tekan Lonjakan Covid-19 Pasca Lebaran Idul Fitri, BNPB Lakukan 6 Langkah Strategi ini

- 14 Juni 2021, 12:15 WIB
Ilustrasi virus corona varian baru
Ilustrasi virus corona varian baru /Pixabay
 


KABAR JOGLOSEMAR - Lonjakan kasus Covid-19 yang masih terus meningkat sampai saat ini membuat pemerintah melalui BNPB membuat 6 langkah strategis menekan lonjakan Covid-19.

Hal ini diungkapkan Kepala BNPB, Ganip Warsito. Pemerintah akan menerapkan 6 strategi dalam menghadapi kondisi terkini pandemi Covid-19.

Strategi pertama adalah upaya mengoptimalkan 3K atau komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi, khususnya dalam konteks konsep pentahelix pengendalian Covid-19.

Baca Juga: Jongyeon TWICE Terlihat Kesakitan saat Penampilan di Inkigayo, Penggemar Khawatir

“Memastikan kerja sama (pemerintah) pusat sampai ke daerah berjalan dengan baik. Kerja sama mulai dari gubernur, bupati, wali kota, sampai jalur koordinasi RT RW dioptimalkan dengan bantuan TNI dan Polri,” terang Ganip.

Langkah kedua, meningkatkan penegakkan disiplin protokol kesehatan serta pembatasan mobilitas dan aktivitas penduduk. Ganip mendorong pemerintah daerah serta aparat penegak hukum untuk mengawal penerapan disiplin protokol kesehatan.

Ketiga, pembatasan aktivitas seperti hajatan, wisata religi, kunjungan-kunjungan tradisi, hingga kegiatan sosial perlu diperketat. Meningkatkan jumlah testing dan tracing atau pelacakan kontak erat pasien Covid-19. Kemudian, meningkatkan perawatan atau treatment terhadap pasien.

Baca Juga: Joao Cancelo Absen Bela Portugal di Euro 2020 Gegara Positif Covid-19

Strategi keempat, memastikan ketersediaan tempat tidur rumah sakit, obat, hingga alat kesehatan di rumah sakit rujukan Covid-19

“Selain itu perlu memaksimalkan juga fasilitas karantina terpusat, posko daerah level kelurahan, desa sebagai tempat isolasi mandiri suspek Covid-19,” jelasnya.

Ganip meminta dilakukan pengetatan dan pemantauan dalam pelaksanan PPKM mikro di seluruh daerah.

Halaman:

Editor: Sunti Melati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x