Malaysia Berlakukan Lockdown Total Mulai 1 Juni, Mau Belanja Hanya Diizinkan 2 Orang Per Keluarga

- 31 Mei 2021, 07:24 WIB
Ilustrasi lockdown
Ilustrasi lockdown //Pixabay/stevepb

KABAR JOGLOSEMAR - Pemerintah Malaysia memutuskan menerapkan lockdown mulai besok Selasa, 1 sampai 14 Juni 2021.

Penerapan lockdown total ini berkaitan dengan peningkatan kasus infeksi virus Corona selama sepekan terkakhir. Selama lockdown berlangsung, Pemerintah Malaysia hanya mengizinkan 2 orang per keluarga yang boleh belanja.

Masyarakat masih bisa keluar untuk belanja obat, makanan, dan keperluan pokok selama Perintah Kawalan Pergerakan (PKP) mulai tanggal 1 sampai 14 Juni 2021.

Baca Juga: Tahap 2 BLT UMKM Rp 1,2 Juta Masih Tersedia, Lengkapi Syarat dan Simak Cara Daftar Serta Cek Bantuan

Pemerintah setempat membatasi maksimal 3 orang saja. Selain belanja, orang-orang yang diizinkan keluar rumah adalah pasien yang sakit agar mendapatkan pertolongan atau layanan medis.

Penanganan medis ini bisa dilakukan maksimal radius 10 kilometer dari rumah. Pembatasan lainnya adalah penumpang taksi maksimal hanya 2 orang dan harus duduk di belakang.

“Jumlah penumpang dalam taksi dan e-hailing dibatasi dua orang saja termasuk pengemudi dan penumpang diisyaratkan untuk duduk kursi penumpang bagian belakang,” terang Menteri Pertahanan Malaysia Dato’ Seri Ismail Sabri Yaakob pada Minggu, 30 Mei 2021 dilansir dari Antara.

Selain itu, transportasi umum juga beroperasi secara terbatas dengan maksimal penumpang hanya 50 persen dari keseluruhan kapasitas. Sedangkan, pegawai di tempat pelayanan umum dibatasi hanya 20 persen.

Baca Juga: Fadli Zon Positif Covid-19, Jangan Lengah Ikuti Aturan Prokes

Halaman:

Editor: Sunti Melati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x