Siap-siap, Fenomena Gerhana Bulan Total Bakal Terlihat Rabu, 26 Mei 2021

- 25 Mei 2021, 10:11 WIB
Ilustrasi gerhana bulan total yang bakal bisa dilihat pada Rabu, 26 Mei 2021
Ilustrasi gerhana bulan total yang bakal bisa dilihat pada Rabu, 26 Mei 2021 /Dok BMKG

KABAR JOGLOSEMAR - Fenomena alam gerhana bulan total bakal bisa disaksikan masyarakat Indonesia pada Rabu, 26 Mei 2021. Fenomena langit ini bertepatan juga dengan Hari Raya Waisak.

Gerhana bulan merupakan peristiwa yang disebabkan karena dinamisnya pergerakan posisi matahari, bumi, dan bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama yang bisa diprediksi.

Adapun gerhana bulan total bisa terlihat saat posisi matahari, bumi, dan bulan sejajar. Hal ini terjadi saat bulan berada di umbra bumi, yang berakibat saat puncak gerhana bulan total terjadi.

Alhasil, bulan akan terlihat berwarna merah atau yang lebih dikenal dengan istilah Blood Moon.

Baca Juga: Pensiun, Mulai Hari Ini Kepala BNPB Doni Monardo Digantikan Ganip Warsito

Secara global, fenomena ini bisa disaksikan masyarakat dari wilayah Asia Timur, Asia Tenggara, Australia, Selandia Baru, Oseania, sebagian besar benua Amerika.

Wilayah Indonesia yang beruntung kebagian fenomena ini bisa disaksikan di seluruh Indonesia dari arah Timur-Tenggara (hingga Tenggara untuk Indonesia bagian Timur).

Bagi yang tertarik ingin menyaksikan gerhana bulan pada 26 Mei 2021, berikut ini jadwal fenomena alam untuk wilayah Indonesia barat dilansir dari laman BMKG.

Awal gerhana mulai pukul 15.46 WIB bisa disaksikan di Papua bagian tengah. Provinsi Papua dapat menyaksikan seluruh proses terjadinya GBT.

Baca Juga: Bukan eform.bni.co.id, Ini Link yang Benar untuk Cek BLT UMKM PNM Mekaar BNI

Halaman:

Editor: Galih Wijaya

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x