Dukung Penyelesaian Pandemi Global Lewat Vaksinasi, Jokowi: No One is Safe Until Everyone is

- 22 Mei 2021, 08:15 WIB
Presiden Jokowi menyampaikan kesenjangan akses vaksin Covid-19 dalam KTT Kesehatan Global pada Jumat, 21 Mei 2021
Presiden Jokowi menyampaikan kesenjangan akses vaksin Covid-19 dalam KTT Kesehatan Global pada Jumat, 21 Mei 2021 /YouTube/Sekretariat Presiden

KABAR JOGLOSEMAR - Presiden Joko Widodo mendesak kerjasama global dalam rangka penyelesaian pandemi Covid-19 ini.

Pasalnya dunia kini dihadapkan pada dua masalah krusial mulai dari tantangan menghadapi varian baru virus Covid-19 sampai dengan kesenjangan akses vaksin Covid-19.

Menurut Jokowi, pandemi hanya dapat ditangani secara global apabila seluruh negara dapat pulih sepenuhnya dari penyebaran pandemi.

Baca Juga: Ramai di Medsos, Umi Pipik Akhirnya Angkat Bicara Perihal Isu Poligami Mendiang Suami

“Saya harus kembali mengingatkan kita semua bahwa kita hanya akan betul-betul pulih dan aman dari Covid-19 jika semua negara juga telah pulih. No one is safe until everyone is,” kata Jokowi dalam pidato virtual di KTT Kesehatan Global, pada Jumat malam, 21 Mei 2021.

Tantangan terkait kesenjangan vaksinasi harus segera diatasi. Pasalnya saat sejumlah negara mulai melakukan vaksinasi bagi kelompok berisiko rendah, yakni anak-anak dan usia belia, hanya sebanyak 0,3 persen pasokan vaksin untuk negara berpenghasilan rendah.

Kesenjangan tampak menjadi semakin nyata saat 83 persen pasokan vaksin global telah diterima negara-negara kaya, sementara 17 persen sisanya diterima negara-negara berkembang di mana terdapat di dalamnya 47 persen populasi dunia.

“Untuk itu kita harus melakukan langkah nyata yaitu, dalam jangka pendek, kita harus mendorong lebih kuat lagi doses sharing melalui skema Covax Facility,” kata Presiden.

Baca Juga: Klik Laman https://cekbansos.kemensos.go.id, Bisa Dapat Rp300 Ribu

Adapun dalam jangka panjang, masyarakat global harus dapat melipatgandakan produksi vaksin untuk memenuhi kebutuhan global dan membangun ketahanan kesehatan.

Halaman:

Editor: Galih Wijaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x