Catat, Promosi Besar-besaran Produk UMKM pada Pencanangan BBI 2021

- 3 Mei 2021, 22:06 WIB
Contoh produk UKM
Contoh produk UKM //Kabar Joglosemar//Tangkapan layar Instagram @khasanah_kerajinan
 
 
KABAR JOGLOSEMAR - Pemerintah melalui Kemdag dan Kemenkominfo akan mencanangkan program Hari Bangga Buatan Indonesia 2021 (BBI 2021) pada 5 Mei 2021.
 
Dalam pencanangan Program Hari BBI 2021 yang mengusung tema Semakin Bangga Buatan Indonesia itu akan dilakukan promosi besar-besar produk UMKM buatan dalam negeri.Tiga produk utama UMKM yang terus berkembang adalah pakaian, kerajinan dan makanan.
 
Promosi didukung oleh 72 platform e-commerce (niaga-el) dengan memberi sejumlah promosi niaga-el pada 5 Mei 2021 hingga 13 Mei 2021. Melalui Hari BBI 2021, pemerintah mendorong platform niaga-el menyediakan program gratis ongkos kirim (ongkir) dan program-program promosi belanja.
 
 
“Mudik tahun ini adalah ‘mudik di hati’.Diharapkan berbagai promo tersebut mampu mendorong masyarakat menunda mudik Lebaran sekaligus meningkatkan keinginan masyarakat berbelanja produk Indonesia,” kata Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi dalam Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) di Media Center Kantor Kemen Kominfo Jakarta, hari Senin 3 Mei 2021.pi
 
Mendag Lutfi yang didampingi Menteri Kominfo Johnny G Plate dan Ketua Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), Bima Laga mengatakan, Hari BBI 2021 akan mendorong konsumsi rumah tangga di tengah kebijakan pemerintah yang melarang mudik Lebaran guna memutus rantai penyebaran Covid-19.
 
Mendag Lutfi dikutip Kabar Joglosemar dari laman kominfo.go.id pada Senin 3 Mei 2021 mengatakan, Hari BBI 2021 menjadi momentum untuk menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan masyarakat pada produk buatan Indonesia.
 
 
“Kecintaan dan kebanggaan ini perlu diwujudkan dalam tindakan nyata. Bentuk yang paling sederhana dari kecintaan itu dengan membeli dan menggunakan produk-produk buatan dalam negeri. Semoga belanja daring pada Hari BBI 2021 dapat membantu menggerakkan perekonomian nasional,” ujar Mendag Lutfi.
 
Dikatakan, pemerintah dan pelaku usaha saling mendukung dan berbagi peran dalam mendorong konsumsi masyarakat di tengah pandemi Covid-19.
 
Pemerintah berkampanye melalui berbagai media, sementara pelaku usaha menyediakan berbagai bentuk penawaran menarik seperti bebas ongkir untuk menarik minat belanja masyarakat.
 
 
Menteri Kominfo Johnny G Plate menyatakan Hari BBI sebagai langkah konkret guna mendukung pemulihan dan kebangkitan perekonomian Indonesia.
 
Dengan membeli dan meningkatkan rasa bangga terhadap produk-produk dalam negeri, akan mendukung pertumbuhan industri karya anak bangsa demi menjaga ketahanan perekonomian Indonesia.
 
Dikatakan, Hari BBI secara daring memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan selama Bulan Suci Ramadan dan menjelang Hari Raya Idulfitri. "Dengan berbelanja secara daring, diharapkan juga mobilitas masyarakat dapat semakin berkurang,” kata Johny G Plate.
 
 
Hari BBI 2021 dimaknai sebagai bentuk dukungan untuk kesuksesan Akselerasi Transformasi Digital Nasional.
 
Penggunaan platform e-commerce untuk memfasilitasi para pelaku usaha dalam negeri akan semakin mendorong kemandirian dan kedaulatan digital dalam Transformasi Digital Indonesia.***

Editor: Sunti Melati


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X