Soal Larangan Mudik, Kang Emil : Terpapar Covid-19 Oleh Pemudik Itu Sudah Nyata

- 30 April 2021, 14:25 WIB
Gubernur Ridwan Kamil, mengingatkan masyarakat Jawa Barat agar tidak memaksa mudik Lebaran,*
Gubernur Ridwan Kamil, mengingatkan masyarakat Jawa Barat agar tidak memaksa mudik Lebaran,* / Humas Pemda Provinsi Jawa Barat
 

KABAR JOGLOSEMAR - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil mengingatkan masyarakat agar benar-benar mematuhi larangan mudik yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Sebab, sudah ada bukti nyata dimana pemudik yang menularkan virus corona kepada keluarga atau warga di kampung halaman.

"Nekat mudik lalu makan-makan dan tertular. Jadi orang di kampung terpapar Covid-19 karena pemudik itu sudah nyata," tulis Kang Emil dikutip Kbar Joglosemar di akun Instagramnya, @ridwankamil pada Jumat 30 April 2021.

Baca Juga: Mark GOT7 Tanda Tangani Kontrak dengan Agensi Baru

Kang Emil mengutip data kasus yang terjadi di Pati, Jawa Tengah dimana ada 39 warga yang terpapar Covid-19 yang diduga tertular dari seorang perantau yang kembali ke kampung halaman.

Ke-39 warga Desa Kalangan, Kecamatan Gabus, Pati tersebut terkonfirmasi Covid-19 akibat tertular pemudik yangbaru kembali dari perantauan.

Mereka terpapar Covid-19 dari kegiatan mudik dini. Warga yang baru pulang dari perantauan mengadakan syukuran dengan mengundang warga setempat mengikuti acara makan bersama setelah tarawih.

Baca Juga: Cheon Jeong Ha Pemeran Mouse Meninggal Dunia, Adegannya Belum Tayang Semua

"Covid-19 itu nyata. Sebanyak 39 warga terpapar Covid-19 di Pati. Kekawatiran mudik akan mendorong penyebaran Covid-19 menjadi kenyataan di Pati, Jawa Tengah. Puluhan warga sebuah desa dinyatakan positif Covid 19 diduga tertular dari seorang perantau yang kembali ke kampung halaman," kata Kang Emil.

Menurut Kang Emil, dengan pola mudik-makan berama-terpapar dikhawatirkan terjadi sehingga masyarakat sebaiknya menahan diri untuk tidak mudik dulu tahun ini.

Halaman:

Editor: Sunti Melati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x