8 Fakta RA Kartini yang Jarang Diketahui, dari Hidup dalam Keluarga Poligami hingga Meninggal di Usia Muda

- 21 April 2021, 09:59 WIB
Quote Hari Kartini
Quote Hari Kartini /Instagram.com/@hanungbramantyo
 


KABAR JOGLOSEMAR- Berbagai perayaan senantiasa mewarnai setiap peringatan hari Kartini yang jatuh hari ini 21 April 2021.

Adanya pandemi Covid-19 masyarakat tak lagi memperingati hari Kartini dengan serangkaian kegiatan, meski begitu semangat RA Kartini untuk memberdayakan dan mengangkat martabat kaum wanita harus terus dilanjutkan.

Tak banyak masyarakat yang tahu seperti apa sosok RA Kartini dan bagaimana ia dibesarkan di tengah-tengah keluarga besarnya. Berikut fakta-fakta kehidupan RA Kartini yang jarang diketahui masyarakat:

Baca Juga: Masuk 30 Under 30 Asia 2021 Majalah Forbes, Ini Sederet Prestasi Cemerlang Maudy Ayunda

1. Kartini Memiliki Darah Bangsawan dan Ulama

Kartini adalah seorang gadis Jepara yang dilahirkan pada tanggal 21 April 1879. Kartini memiliki darah seorang bangsawan dari Ayahnya yang bernama Mas Adipati Ario Sosroningrat.

Saat itu, ayahnya merupakan seorang Bupati Jepara yang memiliki garis keturunan dari Hamengkubuwana VI sampai ke garis keluarga istana Kerajaan Majapahit.

Ibu Kartini adalah M.A. Ngasirah, menurut catatan sejarah, ibu kandung Kartini merupakan anak dari ulama ternama di tanah Jepara, yakni Nyai Haji Siti Aminah dan Kiai Haji Madirono yang merupakan guru ngaji di daerah Teluk Awur, Jepara.

Baca Juga: Membanggakan, Daftar Anak Muda Indonesia yang Masuk 30 Under 30 Forbes 2021

2. Tidak Bangga Dengan Gelar Kebangsawanannya

Di masa kecil, Kartini kerap dipanggil sebagai Raden Ayu Kartini. Namun, ia sebenarnya tidak suka dengan panggilan Raden Ayu. Hal ini diketahui saat pertama kali ia diberi gelar Raden Ayu oleh ayahnya setelah Kartini pulang sekolah.

Halaman:

Editor: Sunti Melati


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X