Bacaan Niat Puasa Ramadhan 1442 H Lengkap Arab, Latin dan Arti Bahasa Indonesia

- 13 April 2021, 04:57 WIB
Ilustrasi Ramadhan 1442 H/
Ilustrasi Ramadhan 1442 H/ /Pixabay.com/chiplanay/
 


KABAR JOGLOSEMAR - Ramadhan 1442 H atau bulan puasa telah tiba. Adapun bacaan niat puasa Ramadhan yang wajib dilafalkan.

Bacaan niat puasa Ramadhan tersebut bersifat wajib karena membaca niat merupakan salah satu rukun dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Apabila Anda belum hafal bacaan niat puasa Ramadhan, jangan khawatir. Berikut KabarJoglosemar.com menyajikan bacaan niat puasa Ramadhan 1442 H lengkap Arab, latin dan arti Bahasa Indonesia.
 
 
Baca Juga: Alasan Sebaiknya Hindari Makanan Asin Saat Sahur, Mulai dari Bikin Haus hingga Dehidrasi

Bacaan Niat Puasa Ramadhan

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

Latin : “Nawaitu shauma ghodin 'an adaa'i fardhi syahri romadhoona hadihis-sanati lillahi ta'aalaa.”

Arti Bahasa Indonesia : "Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadan tahun ini, karena Allah Ta'ala."

Pada dasarnya, niat puasa Ramadhan tersebut dibaca pada malam hari atau sebelum selesai menjalankan sahur.
 
 

Selain bacaan nait puasa Ramadhan, adapun doa-doa lain yang perlu untuk Anda ketahui di bulan Ramadhan, salah satunya doa berbuka puasa.

Bacaan Doa Berbuka Puasa

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Latin : "Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa'alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin."

Arti Bahasa Indonesia : "Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa), dengan rahmat-Mu, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih."
 
 

Seperti diketahui, awal puasa akan berlangung pada hari Selasa 13 April 2021. Penetapan awal puasa tersebut merupakan hasil dari keputusan salah satu organisasi Islam tertua di tanah air, PP Muhammadiyah.

Artinya, pada Senin 12 April 2021, umat Islam Muhammadiyah sudah menjalankan ibadah terawih. Selanjutnya, pada esok hari usai sahur, mereka sudah mulai puasa.

Berdasarkan penetapan PP Muhammadiyah, hari raya Lebaran Idul Fitri juga telah ditentukan yakni pada tanggal 13 Mei 2021.

Di luar itu, pemerintah masih akan melaksanakan sidang isbat sebagai penetapan awal puasa Ramadhan 1442 H yang akan berlangsung hari ini usai Maghrib. ***



Editor: Sunti Melati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x