Vaksinasi Covid-19 Tetap Digelar Selama Ramadhan

- 12 April 2021, 18:05 WIB
Ilustrasi vaksinasi akan tetap dilakukan pada saat Ramadhan
Ilustrasi vaksinasi akan tetap dilakukan pada saat Ramadhan /Foto : Dwi Suyono/Kabar Joglosemar

KABAR JOGLOSEMAR - Kementerian Kesehatan menjamin kegiatan vaksinasi dalam upaya pencegahan virus coeona tetap diberlakukan.

Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi dalam penyampaian terkait vaksinasi di buoan Ramadhan.

Meski digelar saat Ramadhan, pihaknya menyampaikan tidak ada persiapan khusus untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Baca Juga: Masih Bisa Dilakukan, Ini Tata Cara Mandi Keramas Sebelum Puasa Ramadhan Esok Hari

Pada teknis pelaksanaannya, pihaknya mengatakan bahwa vaksinasi bisa digelar baik pada siang maupun malam hari dengan catatan tidak menganggu jadwal ibadah.

"Untuk vaksinasi malam hari, kami mendorong koordinasi yang dilakukan oleh para pengurus masjid bersama Puskesmas melalui RT, RW, Lurah serta Kepala Desa setempat untuk menjadwalkan pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan, setelah pelaksanaan dari ibadah puasa di siang hari," ujar Nadia seperti dikutip KabarJoglosemar.com dari YouTube Kementerian Kesehatan RI pada Senin, 12 April 2021.

Pada kesempatan itu pula, Nadia juga menyampaikan agar masyarakat tidak pilih-pilih jenis vaksin Covid-19 yang akan diberikan mengingat saat ini ada dua vaksin yang sudah dipakai.

Baca Juga: Perketat Protokol Kesehatan Selama Ramadhan, Masjid Istiqlal Tak Ada Takjil

Menurutnya, dua vaksin yakni Sinovac dan AstraZeneca sudah terjamin aman dan bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Hal itu mengingat dua vaksin itu telaj melewati uji klinis tahap tiga, sesuai dengan standar efikasi WHO minimal 50 persen, serta mutu sudah dijamin oleh Badan POM beserta ITAGI.

Halaman:

Editor: Galih Wijaya

Sumber: Youtube Kemenkes RI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x