Presiden Jokowi: HMI Jangan Terpaku pada Kebesaran Masa Lalu

- 17 Maret 2021, 20:51 WIB
Presiden Jokowi tentang HMI
Presiden Jokowi tentang HMI /instagram.com@jokowi

KABAR JOGLOSEMAR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) selama ini sudah banyak melahirkan tokoh dan pemimpin bangsa di ladang pengabdian yang luas dan beragam. Namun, HMI tidak boleh terpaku pada kebesaran masa lalu.

Karena itu, Presiden Jokowi berharap agar HMI tetap tumbuh bersama zaman, adaptif dengan kebaruan dan tanggap menghadapi realitas baru.

"HMI telah banyak melahirkan tokoh dan pemimpin bangsa di ladang pengabdian yang luas dan beragam. Akan tetapi, kita tidak boleh terpaku hanya pada kebesaran masa lalu. Saya berharap HMI tetap tumbuh bersama zaman, adaptif dengan kebaruan dan tanggap menghadapi realitas baru," cuit Presiden Jokowi dilansir Kabar Joglsemar dalam akun twitter @jokowi pada Rabu 17 Mare 2021.

Baca Juga: Kapan Paskah 2021? Simak Tanggal Penting Rangkaian Menyambut Kebangkitan Tuhan Yesus

Baca Juga: Tagar #StopAsianHate Trending Twitter Usai Tragedi Penembakan Atlanta

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat membuka Kongres XXXI HMI tahun 2021 dari Istana Negara, Jakarta, pada Rabu, 17 Maret 2021. Kongres yang digelar di Surabaya pada 17 hingga 22 Maret 2021 itu mengangkat tema Merajut Persatuan untuk Indonesia Berdaulat dan Berkeadilan.

Menurut Presiden Jokowi, dengan tumbuh bersama zaman dan adapatif terhadap kebaruan maka HMI bisa menjadi lokomotif kemajuan bangsa dan tetap melahirkan SDM-SDM unggul serta pemimpin-pemimpin masa depan yang akan mengantarkan bangsa ini siap berkompetisi dalam era hiperkompetisi.
 
 
 
Dikatakan, banyak kader HMI yang kini menyumbangkan pikiran dan tenaga dalam Kabinet Indonesia Maju. Meski demikian, tantangan bangsa ke depan semakin besar.
 
Dan saat ini bangsa Indonesia berada pada era disrupsi dengan perubahan yang sangat cepat. Karena itu, menurut Presiden Jokowi, kita tidak boleh terpaku hanya pada kebesaran-kebesaran masa lalu.

Menurut Presiden Jokowi, di tengah kemajuan dan perubahan zaman serta mengingat potensi yang dimiliki segenap kader, HMI diharapkan mampu meneruskan dan mewujudkan cita-cita besar para pendiri guna menyelaraskan keislaman dan keindonesiaan, memperkokoh persatuan bangsa di tengah keberagaman dan menjadi pilar penyokong integrasi bangsa.

Uupaya-upaya tersebut, menurut Presiden, harus sesuai dengan semangat pembaruan, adaptif dan lincah terhadap perubahan, serta cepat dan cerdas dalam bertindak. "Saya berpesan agar HMI tumbuh bersama zaman. Harus adaptif dengan kebaruan, tanggap menghadapi realitas-realitas baru dan menyesuaikan diri dengan derasnya arus disrupsi dan perubahan,” kata Presiden Jokowi.***

Editor: Sunti Melati

Sumber: Twitter


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x