Banyak Kecelakaan Lalu-lintas karena Perilaku Manusia dalam Berkendara

- 12 Maret 2021, 18:34 WIB
Ilustrasi kecelakaan motor./
Ilustrasi kecelakaan motor./ /Pixabay.com/fsHH

KABAR JOGLOSEMAR - Kepala Sub Bagian HC dan Umum PT Jasa Jasa Raharja Cabang DIY Khairil mengatakan bahwa dari hasil analisis terhadap berbagai kasus kecelakaan lalu-lintas di jalan, penyebab utama kecelakaan adalah karena perilaku seseorang dalam berkendara.

Karena itu, bila terjadi kecelakaan jangan langsung menyalahkan fisik kendaraan semata, tapi karena faktor perilaku pengendara.

Baca Juga: Ini Alasan Rose BLACKPINK Rilis Album Solo dengan Lirik Berbahasa Inggris

Di DIY sendiri kasus kecelakaan lalu-lintas lebih banyak dilakukan pengendara dengan usia produktif 15 tahun sampai dengan 40 tahun.

"Secara fisik kondisi sangat kuat, namun secara psikis lemah," kata Kharil dikutip Kabar Joglosemar saat berkunjung ke FTI UII untuk melihat langsung pengembangan simulator pengemudi di Laboratorium FTI UII beberapa hari lalu.

Simulator yang dikembangkan FTI UII tersebut untuk mengukur tingkat kelelahan pengemudi dalam berkendara.

Kunjungan PT Jasa Raharja Cabang DIY itu dalam rangka merealisasikan perjanjian kerjasama yang ditandatangani Desember 2019 dengan melakukan penelitian secara kolaboratif tentang tingkat kelelahan pengendara dalam berkendara/mengemudi.

Menurut Khairil, Laboratorium FTI UII terutama simulator yang mampu mamengukur tingkat kelelahan pengemudi sangat menarik dan perlu dikembangkan.

Karena melalui simulator tersebut bisa diketahui tingkat kelelahan pengendara/pemgemudi. Dan tingkat kelelahan setiap orang berbeda-beda, terngantung kondisi fisikmasing-masing.

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x