Wagub DKI Sebut Masalah Lahan Pemakaman Pasien COVID-19 Tak Hanya Terjadi di Jakarta

- 23 Januari 2021, 12:33 WIB
Wagub DKI tentang masalah lahan pemakaman pasien Corona/
Wagub DKI tentang masalah lahan pemakaman pasien Corona/ // instagram.com / sonorafm92



KABAR JOGLOSEMAR - Ahmad Riza Patria, selaku Wakil Gubernur (Wagub) DKI menyebut bahwa masalah krisis lahan pemakaman pasien COVID-19 tak hanya terjadi di Jakarta.

Menurutnya, hampir seluruh wilayah di dunia memiliki permasalahan yang sama selama masa pandemi virus Corona ini.

"Ibu kota di seluruh dunia memiliki kompleksitas tersebut, tanah untuk gedung, jalan, waduk, termasuk untuk pemakaman" kata Riza Patria, Jumat 22 Januari 2021.

Baca Juga: Doni Monardo Positif COVID-19 Setelah Kunjungi Sulbar dan Kalsel, Ini Pesannya

Baca Juga: Positif Corona, Doni Monardo: Tetap Beraktivitas dan Lakukan Olahraga Ringan

Ia juga sadar bahwa saat ini tingkat persebaran virus Corona di wilayahnya kian naik sehingga lahan untuk pemakaman pasien Corona kian menyempit.

Di Jakarta sendiri, kondisi tersebut dialami oleh tiga Tempat Pemakaman Umum (TPU). Ketiga TPU tersebut diantaranya TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur; Tegal Alur, Jakarta Barat; dan Srengseng Sawah, Jakarta Selatan.

Menanggapi hal ini, Riza menjelaskan bahwa pemerintah sudah melakukan beberapa upaya untuk memperluas lahan pemakaman pasien Corona.

Baca Juga: 6 Hal Ini Tidak Boleh Dilakukan Saat Imlek: Dari Keramas hingga Makan Daging

Baca Juga: Warga Berbondong-bondong Jarah Muatan Truk yang Terguling di Tawangmangu

"Pemprov sudah menambah luasan pemakaman di beberapa tempat seperti Srengseng Sawah, Bambu Wulung, Semper, Joglo dan pemakaman umum lainnya di beberapa titik tersebut disiapkan tempat pemakaman untuk COVID-19, termasuk di Rorotan," kata Riza.

Dirinya juga meminta agar saat ini warga masyarakat tidak perlu mengkhawatirkan atau memikirkan mengenai krisis lahan pemakaman.

Meskipun demikian, Wagub DKI ini juga belum mengetahui secara pasti kapan pembukaan lahan untuk pemakaman pasien Corona.

Baca Juga: Ini Kumpulan Kata-kata Romantis Aldebaran di Ikatan Cinta yang Bikin Hati Wanita Meleleh

Baca Juga: Viral Siswi Nonmuslim di Padang Diminta Pakai Hijab, Begini Jawaban Kepseknya

Seperti diketahui, saat ini Pemerintahan Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tengah mengalami krisis tentang lahan pemakaman pasien Corona.

Hal tersebut bermula karena kedua TPU telah melebihi dari kapasitasnya. Kedua TPU tersebut ialah TPU Tegal Alur dan TPU Pondok Ranggon.

Adapun TPU yang masih bisa menampung pemakaman yaitu TPU Rorotan. Namun, hingga kini TPU tersebut belum bisa digunakan untuk pemakaman pasien Corona.***

Editor: Sunti Melati

Sumber: Berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x