Daerah Diminta Buat Posko Tangani Krisis Pandemi COVID-19

- 23 Januari 2021, 06:26 WIB
Ilustrasi corona.
Ilustrasi corona. /Pixabay/cromaconceptovisual

KABAR JOGLOSEMAR - Pemerintah daerah diminta membuat posko-posko untuk menangani bencana dan krisis pandemi COVID-19.

Pemda perlu mengalokasikan anggaran untuk membuat posko tersebut, terutama bagi daerah yang belum memiliki posko.

Pembentukan posko dalam masa bencana dan krisis pandemi COVID-19 dilakukan mulai dari tingkat provinsi hingga kelurahan/desa.

"Bahkan kalau memungkinkan posko dibangun hingga tingkat RT dan RW," kata Prof Wiku Adisasmito, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, seperti dikutip Kabar Joglosemar dari kanal YouTube Sekretaris Presiden.

Baca Juga: Jangan Sampai Menyesal, Begini 7 Cara Merawat Tanaman Hias Supaya Tidak Layu

Dikatakan, posko-posko penanganan bencana dan pandemi COVID-19 di daerah sangat penting sebagai pusat koordinasi dan bantuan di masa darurat.

Dengan adanya posko tersebut maka upaya penanggulangan pandemi COVID-19 maupun bencana alam lainnya bisa dilakukan dengan efektif dan efisien.

Sebab, menurut Prof Wiku, melalui posko tersebut ada keterlibatan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dinas kesehatan, Sat Pol PP, TNI, Polri, Kominfo, badan intelijen daerah dan relawan lainnya. 

Menurut Prof Wiku, posko bisa melakukan pemantauan dan bila menemukan kejadian yang berpeluang penularan atau penyebaran COVID-19, bisa segera membantu pemerintah daerah untuk segera melakukan langkah-langkah pencegahan.

Halaman:

Editor: Galih Wijaya

Sumber: YouTube Sekretariat Presiden


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x