Simak, 3 Tren Bisnis 2021 yang Wajib Diketahui UMKM

- 21 Januari 2021, 07:43 WIB
ilustrasi bisnis
ilustrasi bisnis /pixabay/Start Up Stock Photos

KABAR JOGLOSEMAR - Pandemi yang hampir 1 tahun berlangsung, jelas sangat berdampak pada kelangsungan roda bisnis terutama di kalangan UMKM.

Bertahan di kondisi serba sulit sejak pandemi dan belum terlihat ada tanda-tanda perubahan ekonomi lebih baik beberapa tahun kedepan, membuat para pelaku bisnis sektor UMKM harus memutar otak dan mengatur ulang strategi bisnis di tahun ini dan tahun-tahun mendatang.

Country Manager Zilingo Indonesia, Patrick Vaz, dalam keterangannya, mengatakan, para pelaku bisnis UMKM harus mengetahui tren terbaru di pasar demi memetakan kesempatan di masa mendatang.

"Pelaku usaha perlu menyesuaikan dirinya dengan perkembangan pasar untuk mengidentifikasi cara terbaik guna mempermudah serta memperkuat proses bisnisnya," ujar Patrick, seperti dilansir Kabar Joglosemar.com dari ANTARA, Rabu (20/1/21).

Baca Juga: Sering Diucapkan Ketika Perayaan Imlek, Ini Asal Usul Sejarah Ucapan Gong Xi Fa Cai

Berikut 3 tren bisnis di tahun 2021 yang dapat dijadikan sebagai acuan pelaku UMKM dalam merencanakan masa depan.

1. Kemajuan E- Commerce

Berdasarkan survei UNCTAD, pandemi telah mendorong tren pertumbuhan platform e-commerce dengan adanya perubahan dalam komposisi penjualan lebih dari 65 persen.

Survei tersebut menegaskan bahwa lebih banyak konsumen yang mengakses platform online untuk mencari produk penting seperti: bahan makanan, produk farmasi, produk kesehatan dan kebersihan, pengiriman restoran, dan layanan keuangan.

Halaman:

Editor: Galih Wijaya

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x