Hoaks, Video yang Menyebut Vaksin Covid-19 Punya Chip

- 19 Januari 2021, 21:15 WIB
Ilustrasi KIPI Vaksin Corona
Ilustrasi KIPI Vaksin Corona /Instagram/@pfizerinc

KABAR JOGLOSEMAR - Sejak program vaksinasi dilakukan pada Rabu, 13 Januari 2021, bermunculan informasi, baik dalam bentuk tulisan maupun video, yang berisi berita hoaks atau berita bohong.

Salah satu video yang berisi hoaks tersebut adalah yang menyebutkan bahwa vaksin COVID-19 memiliki chip atau komponen yang bisa melacakan tempat atau lokasi keberadaan orang-orang yang sudah disuntik vaksin COVID-19.

Baca Juga: Indonesia Berduka, 7 Bencana Alam yang Terjadi di Awal Tahun 2021

Baca Juga: Jokowi Lihat Reruntuhan Bangunan Akibat Gempa di Sulbar, Ini Bantuan dari Pemerintah

"Itu informasi yang tidak benar atau hoaks," tegas Dedy Permadi, Juru Bicara Kementerian Kominfo, seperti dikutip Kabar Joglosemar dalam laman resmi COVID-19.

Menurut Dedy Permadi, dalam video berdurasi 2:04 menit yang tersebar luas di masyarakat itu menampilkan cuplikan keterangan dari Erick Thohir, Ketua Tim Pelaksana Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Dalam video tersebut maupun potongan video lainnya, disebutkan bahwa vaksin COVID-19 memiliki komponen yang bisa melacak lokasi orang yang telah disuntik vaksin COVID-19.

"Faktanya informasi itu tidak benar," tegas Dedy Permadi.

Menurut Dedy Permadi, bercode yang ada dalam kemasan vaksin COVID-19 seperti dijelaskan oleh Erick Thohir dalam video tersebut adalah untuk melacak distribusi vaksin dan tidak menempel pada orang yang telah menerima vaksin.

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x