Ingin Dapat Stimulus Listrik COVID-19? Caranya Sangat Mudah

- 19 Januari 2021, 06:35 WIB
Ilustrasi listrik di Indonesia
Ilustrasi listrik di Indonesia /PLN
 
KABAR JOGLOSEMAR - Pemerintah melalui berbagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terus gencar memberi bantuan kepada masyarakat, terutama yang terdampak virus corona atau COVID-19.
 
Selain berbagai bentuk bantuan melalui kementerian-kementerian seperti Kemnaker, Kemdikbud, Kemsos, pemerintah juga memberi bantuan melalui BUMN, seperti PLN. Melalui PLN, pemerintah memberikan stimulus listrik bagi 32 juta pelanggan rumah tangga dengan daya 450 VA dan 900 VA bersubsidi.
 
Selain itu, bantuan yang sama juga diberikan kepada 459.000 pelanggan bisnis dan industri daya 450 VA. Dan penyaluran stimulus listrik tersebut disalurkan pada Januari 2021. Pemerintah memastikan penyaluran stimulus tersebut berlangsung lancar.
 
Bahkan menurut Agung Murdifi, Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN, yang dikutip Kabar Joglosemar dari laman resmi Kominfo, sejak 7 Januari 2021 proses penyaluran berjalan lancar dan pelanggan sudah menikmati stimulus listrik tersebut.
 
Bagaimana cara mendapatkan token listrik stimulus COVID-19 tersebut? Menurut Agung Murdifi, caranya sangat mudah. Cukup dilakukan melalui aplikasi PLN Mobile di Playstore atau Appstore.
 
Setelah mengunduh aplikasi PLN Mobile di Playstore atau Appstore,pelanggan dapat masuk melalui aplikasi PLN Mobile dengan langkah-langkah sebagai berikut :

1. Buka aplikasi PLN Mobile

2. Klik “PLN Peduli Covid-19” pada bagian Info & Promo

3. Masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter

4. Token gratis akan muncul

5. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.
 
Selain itu, menurut Agung Murdifi, PLN juga tetap menyediakan akses melalui website https://stimulus.pln.co.id/ atau melalui layanan WhatsApp di nomor 08122-123-123. Agung mengaku hal ini dilakukan guna memberikan banyak alternatif akses bagi pelanggan agar mudah mendapatkan stimulus listrik tersebut.
 
Menurut Agung Murdifi, PLN juga menambah channel melalui Aplikasi PLN Mobile agar lebih mempermudahbagi pelanggan. Sehingga cukup dengan membuka aplikasi di HP, kemudian masukan ID Pelanggan/Nomor Meter, maka sudah dapat nomor token.
 
Sesuai keputusan pemerintah, perpanjangan pelaksanaan diskon tarif tenaga listrik PLN dibagi sesuai ketentuan yakni :
 
1. diskon listrik 100 persen diberikan kepada pelanggan pascabayar golongan rumah tangga daya 450 VA, bisnis kecil daya 450 VA dan industri kecil daya 450 VA. Sedangkan untuk pelanggan prabayar, setiap bulan diberikan token gratis yang besarannya sama seperti sebelumnya.
 
2.diskon 50 persen bagi golongan pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi pascabaya
 
3. diskon 50 peren bagi pelangggan prabayar dan langsung diterima saat membeli token (harga belum termasuk PPJ).
 
Dengan demikian, menurut Agung Murdifi, untuk pelanggan pascabayar akan langsung mengurangi biaya tagihan listrik, sementara untuk daya 450 VA prabayar token dapat diperoleh melalui cara yang sudah dijelaskan.
 
Sementara untuk pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi, stimulus diterima ketika melakukan pembelian token listrik.
 
"Stimulus listrik ini akan berlaku untuk pelanggan pascabayar penghitungan rekening Januari-Maret 2021. Sementara untuk pelanggan prabayar berlaku saat pembelian token listrik Januari-Maret 2021," kata Agung Murdifi. ***

Editor: Galih Wijaya

Sumber: Kominfo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x