Mengenal 6 Wajah Baru Menteri, dari Walikota Hingga Mantan Calon Wakil Presiden

- 22 Desember 2020, 21:32 WIB
Keenam menteri baru Jokowi saat memberikan keterangan pers.
Keenam menteri baru Jokowi saat memberikan keterangan pers. /Tangkapan Layar Youtube.com/Sekretariat Presiden

KABAR JOGLOSEMAR - Enam orang menteri baru diumumkan Presiden Joko Widodo, Selasa (22/12/2020). Dari 6 menteri yang baru tersebut, ada yang masih menjabat Walikota dan ada pula yang mantan Calon Wakil Presiden (Cawapres).

Tri Rismaharini, yang saat ini masih menjadi Walikota Surabaya, diangkat menjadi Menteri Sosial (Mensos), menggantikan Juliari Batubara yang terjerat kasus korupsi bantuan sosial (bansos).

Kemudian, mantan Calon Wakil Presiden pada Pemilu 2019 Sandiaga Salahudin Uno menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) menggantikan Wisnutama.

Baca Juga: Ada yang Capai Triliunan, Ini Jumlah Kekayaan 6 Menteri Baru Jokowi

Seperti dikutip Kabar Joglosemar dari laman resmi kominfo.go.id, Tri Rismaharini merupakan Walikota Surabaya selama dua periode.

Masa jabatan kedua Tri Rismaharini akan berakhir pada tahun 2021. Atas pengangkatan Tri Rismaharini menjadi Mensos, pengamat politik yang juga Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanudin Muhtadi, menilai sebagai figur yang tepat.

Demikian pula pengangkatan Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Menparekraf juga sudah tepat. "Kalau diberi nilai, saya kasih nilai 7,5 bagi menteri baru tersebut," kata Burhanudin dalam wawancara dengan wartawan, Selasa (22/12/2020) malam.

Menurut Burhanudin, secara keseluruhan figur baru menteri yang diangkat Presiden Joko Widodo sudah tepat dan sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Para menteri yang baru tersebut diperkenalkan oleh Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden KH Ma'aruf Amin di Beranda Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (22/12/2020) petang.

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x