Pengusaha Kecil Perlu Menangkap Peluang di Era Digital

- 20 Desember 2020, 09:00 WIB
Ilustrasi produk UMKM.
Ilustrasi produk UMKM. /PIXABAY/StockSnap

KABAR JOGLOSEMAR - Para pengusaha kecil termasuk wirausahawan perlu menangkap peluang usaha di era digital. Selain itu perlu berdaptasi dengan perkembangan teknologi di era digital. Terutama dalam pemasaran dan inovasi produk agar mudah terserap pasar.

Hal ini bisa belajar dari pengalaman di masa pandemi corona dimana hampir semua aktivitas dilakukan secara online. Karena itu, para pelaku usaha kecil perlu belajar dan berlatih meningkatkan keterampilan di bidang teknologi komunikasi.

Apalagi tantangan dalam berusaha ke depan akan lebih berat karena akan semakin banyak kompetitor dan penggunaan teknologi. Karena itu para wirausahawan perlu adaptif atau menyesuaikan diri dalam melihat peluang usaha.

Baca Juga: 5 Khasiat Wortel yang Belum Tentu Anda Ketahui, Bisa Turunkan Kolesterol

Baca Juga: Dalam Sepekan, Sebanyak 1.140 Kasus Positif Corona di DIY. Tren Terus Meningkat

Menurut Suhartono, Direktur Jenderal Binapenta dan PKK, Kemenaker, era digitalisasi dimasa pandemi virus coronan telahmemberi warna baru dalam dunia wirausaha. Untuk itu, wirausahawan perlu beradaptasi dalam melihat hal itu sebagai peluang usaha.

Saat membuka membuka acara pembekalan kewirausahaan inkubasi bisnis di BBPPK dan PKK Lembang, Bandung Barat, Kamis (17/12/2020), Suhartono yang dikutip Kabar Joglosemar dari laman resmi kemnaker.go.id, mengatakan, Kemenaker melalui Balai Besar Pengembangan Pasar Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (BBPPK dan PKK) Lembang menjalankan pelatihan pembekalan kewirausahaan.

Baca Juga: Korupsi Masih Ada, Ini Kata Menkopolhukam Mahfud MD tentang Saber Pungli

Baca Juga: 2 Bulan Mengungsi, Ini Cerita Para Pengungsi Gunung Merapi

Halaman:

Editor: Galih Wijaya

Sumber: Kemnaker


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x