Gunung Semeru Meletus dan Luncurkan Awan Panas, 550 Warga Mengungsi 

- 1 Desember 2020, 15:14 WIB
Gunung Semeru yang meletus hari ini.
Gunung Semeru yang meletus hari ini. /Pixabay/astama81

KABAR JOGLOSEMAR - Sebanyak 550 warga mengungsi akibat Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur meluncurkan awan panas.

Pengungsian berada di dua titik, yakni di pos pantau ada 300 jiwa dan sisanya di Desa Supiturang.

Dari hasil pemantauan yang dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, data sementara pada Selasa (1/12/2020) pukul 09.00 WIB, pengungsian tersebar di dua titik.

Baca Juga: 3 Daftar Smartphone Murah dengan Prosesor ‘Mediatek’ yang Cocok Untuk Belajar Online

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Lumajang mencatat sejumlah kebutuhan mendesak, seperti makanan siap saji, dapur umum dan masker.

Daerah yang berpotensi terdampak aktivitas vulkanik yaitu Desa Supiturang, Desa Oro-oro Ombo dan Rowobaung di Kecamatan Pronojiwo, serta Desa Sumberwuluh di Kecamatan Candipuro. Sejumlah desa tersebut berada Kabupaten Lumajang.

Menurut Dr Raditya Jati, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, upaya penanganan darurat dilakukan oleh berbagai pihak.

Penanganan dipimpin BPBD Kabupaten Lumajang dengan membuka pos pengungsian lapangan di Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro.

Di samping itu, menurut Raditya yang dikutip Kabar Joglosemar dari laman resmi bnpb.go.id, untuk menghindari abu vulkanik dan penerapan protokol kesehatan, BPBD dan dinas kesehatan membagikan 4.000 masker.

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani

Sumber: BNPB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x