Masih Diteliti, Ini 5 Jenis Vaksin Corona di Seluruh Dunia

- 1 Desember 2020, 09:00 WIB
Ilustrasi vaksin.
Ilustrasi vaksin. /Pixabay/fernandozhiminaicela

KABAR JOGLOSEMAR – Hampir satu tahun dunia dilanda pandemi corona yang melumpuhkan segala aktivitas. Kini, para ilmuwan dari seluruh dunia berlomba-lomba untuk mencari dan menemukan vaksin virus SARS-CoV-2.

Pembuatan vaksin biasanya membutuhkan penelitian dan pengujian selama bertahun-tahun sebelum mencapai klinik. Akan tetapi, para ilmuwan berlomba untuk menghasilkan vaksin virus corona yang aman dan efektif pada tahun depan.

Para peneliti sedang menguji 57 vaksin dalam uji klinis pada manusia. Kemudian, setidaknya 87 vaksin praklinis sedang dalam tahap penyelidikan aktif pada hewan.

Penelitian ini mulai dilakukan sejak Januari lalu dan kini 13 vaksin telah mencapai tahap akhir pengujian. Beberapa dari percobaan ini akan gagal, sementara yang lainnya mungkin berakhir tanpa hasil yang jelas.

Baca Juga: Ini 4 Bantuan yang Akan Diperpanjang Hingga Tahun 2021

Akan tetapi, beberapa vaksin mungkin berhasil merangsang sistem kekebalan untuk menghasilkan antibodi yang efektif melawan virus.

Diketahui vaksin terdiri dari beberapa jenis. Berikut ini merupakan jenis-jenis vaksin COVID-19 yang saat ini tengah dikembangkan oleh para ilmuwan di seluruh dunia.

  1. Vaksin Genetik

Merupakan vaksin yang mengirimkan satu atau lebih gen virus corona sendiri ke dalam sel kita untuk memicu respons kekebalan.

Perusahaan bioteknologi seperti Pfizer, BioNTech hingga Moderna membuat vaksinnya dari molekul genetik yang disebut messenger RNA (mRNA).

Baca Juga: V BTS Ungkap Kapan Ia Merasa Jadi yang Paling Tampan

Halaman:

Editor: Galih Wijaya

Sumber: New York Times


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x