4 Hal Ini Wajib Disiapkan Supaya Dapat Subsidi Upah BLT Guru Honorer Rp 1,8 Juta dari Kemdikbud

- 19 November 2020, 05:10 WIB
Ilustrasi bantuan BLT Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan termin 2 tahap 3 yang sudah cair ke rekening karyawan
Ilustrasi bantuan BLT Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan termin 2 tahap 3 yang sudah cair ke rekening karyawan /Kabar Joglosemar/Galih Wijaya

KABAR JOGLOSEMAR - Bantuan subsidi upah atau BLT guru honorer dari Kemdikbud akan segera digulirkan. Untuk mendapatkannya, ada 4 hal yang wajibdisiapkan oleh tenaga pendidik.

Diketahui nominal bantuan yang diberikan dari Kemdikbud untuk BLT guru honorer atau subsidi upah itu ialah senilai Rp 1,8 juta. 

Program subsidi upah atau BLT guru honorer Rp 1,8 juta ini khusus diperuntukkan bagi guru, dosen  maupun tenaga pendidik non-PNS.

"Kita berencana memberikan bantuan subsidi upah bagi sekitar 2 juta orang dan sebesar Rp 1,8 juta yang diberikan satu kali kepada masing-masing  penerima," ungkap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, 17 November 2020 dalam pemaparannya terkait BSU seperti dikutip KabarJoglosemar.com dari kanal YouTube Kemdikbud RI.

Baca Juga: Cara Daftar BLT Guru Honorer BSU Kemendikbud Rp 1,8 Juta dan Cek Daftar Penerima di pddikti.go.id

Subsidi upah pada BLT guru honorer senilai Rp 1,8 juta ini berbeda dengan subsidi upah pada BPJS Ketenagakerjaan. Dimana pada bantuan kali ini hanya dibelikan sebanyak 1 kali saja sementara hingga akhir November 2020 ini.

Mendikbud Nadiem mengatakan bahwa total sasaran ada 2.034.732 orang yang meliputi dosen, guru, guru yang diberi tugas sebagai kepala sekolah, pendidik PAUD, pendidik kesetaraan, tenaga perpustakaan, tenaga laboratorium, dan tenaga administrasi.

Adapun rincian subsidi upah atau BLT guru honorer Rp 1,8 juta dari Kemdikbud ialah sebagai berikut 162.277 dosen pada PTN dan PTS, 1.634.832 guru dan pendidik pada satuan pendidikan negeri dan swasta dan 237.623 tenaga perpustakaan, tenaga laboratorium, dan tenaga administrasi.

Nadiem mengungkap bahwa disalurkannya bantuan ini merupakan apresiasi pemerintah kepada tenaga pendidik sekaligus meringankan beban perekonomian di masa pandemi.

Baca Juga: Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Rencananya Akan Dilakukan Secara Digital

Halaman:

Editor: Galih Wijaya

Sumber: Kemdikbud YouTube Kemendikbud RI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah