9 Juta Keluarga di Indonesia Terima Bantuan Sosial Tunai dari Pemerintah

- 28 Oktober 2020, 13:05 WIB
ilustrasi BLT
ilustrasi BLT /Kabar Joglosemar/Galih Wijaya

KABAR JOGLOSEMAR - Sebanyak 9 juta masyarakat tidak mampu di 33 provinsi di Indonesia mendapat bantuan sosial tunai.

Bantuan dari pemerintah tersebut disalurkan melalui Kementerian Sosial (Kemensos), yang disalurkan dua tahap. Tahap pertama April-Juni 2020 dan tahap kedua pada Juli-Desember 2020.

Dan sampai saat ini penyaluran sudah mencapai 82 persen secara nasional. Diharapkan pada Desember 2020 selesai 100 persen.

Baca Juga: BLT BPJS Ketenagakerjaan BSU Tidak Bisa Cair Jika Rekening Bermasalah, Ini Solusinya

“Alhamdulillah, realisasi Bantuan Sosial Tunai telah mencapai 82 persen secara nasional," kata Asep Sasa Purnama, Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin Kemensos, seperti dikutip Kabar Joglosemar.com dari laman resmi kominfo.go.id.

Dikatakan, Bantuan Sosial Tunai tidak semata-mata berdampak sosial bagi keluarga penerima manfaat, tapi juga berdampak ekonomi yang lebih besar secara nasioanl.

Sebab, dengan adanya Bantuan Sosial Tunai akan terjadi sirkulasi uang secara nasional dengan jumlah Rp 32,4 triliun atau sekitar Rp 2 Triliun tiap bulan.

Hal ini diharapkan mampu membantu menggerakkan kegiatan ekonomi di tingkat akar rumput.

Menurut Asep Sasa Purnama, penyaluran Bantuan Sosial Tunai dilakukan melalu PT Pos Indonesia selaku mitra Kemensos, Penyaluran memanfaatkan 4.500 cabang kantor pos di seluruh Indonesia sebagai titik pengambilan Bantuan Sosial Tunai tersebut.

Dikatakan, PT Pos juga telah menjalin koordinasi dengan komunitas setempat, seperti RT, RW atau banjar bekerjasama menyalurkan Bantuan Sosial Tunai ini.

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x