Ada Juga di Indonesia, Begini Cara Mewaspadai Norovirus

- 19 Oktober 2020, 18:55 WIB
Tampilan Norovirus yang menyerang puluhan warga Tiongkok Utara.
Tampilan Norovirus yang menyerang puluhan warga Tiongkok Utara. /Food Safety Magazine

KABAR JOGLOSEMAR - Belum lama ini, lebih dari 70 mahasiswa di universitas daerah Taiyuan, China dilaporkan mengidap norovirus.

Mahasiswa tersebut dilaporkan mengidap norovirus hingga mengalami diare dan muntah-muntah.

Menanggapi hal itu, seorang pakar Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD(K) mengungkap bahwa Norovirus bukanlah virus baru dan tak hanya terjadi di Tiongkok saja.

Baca Juga: Belum Selesai Corona Virus, Beredar Norovirus, Apa Itu?

Virus itu menjadi penyebab terjadi infeksi usus akut (gastroenteritis) di seluruh dunia," kata Guru Besar pada Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM tersebut melalui siaran pers pada Senin, 19 Oktober 2020 seperti dikutip KabarJoglosemar.com dari ANTARA.

Dia juga menyebut Norovirus juga mulai terjadi di Indonesia seperti yang dilaporkan oleh peneliti Indonesia dalam Journal of Medical Virology pada Mei 2020 lalu.

Penelitian tersebut menunjukkan terdapat 14 sampel atau sekitar 15,4 persen dari total 91 sampel feses yang mengandung Norovirus.

Baca Juga: WANNA ONE Akan Reunian di KCON TACT Season 2

"Sampel penelitian yang dilakukan di awal tahun 2019 ini diambil dari beberapa RS di kota Jambi. Kasus yang sama juga pernah dilaporkan dari beberapa kota di Indonesia," kata Ari.

Halaman:

Editor: Galih Wijaya

Sumber: CDC ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x