Hujan Meteor Berbahaya Bagi Bumi? Begini Cara Melihat Hujan Meteor

- 24 Juli 2022, 21:59 WIB
Ilustrasi hujan meteor akhir Juli 2022 di Indonesia dan cara melihatnya.
Ilustrasi hujan meteor akhir Juli 2022 di Indonesia dan cara melihatnya. /pexels.com/Neale LaSalle

 

 

KABAR JOGLOSEMAR – Pada akhir Juli mendatang akan terjadi fenomena alam hujan meteor. Fenomena alam hujan meteor merupakan fenomena astronomi yang terjadi pada setiap tahunnya.

Pada akhir bulan Juli mendatang akan terjadi hujan meteor jenis Alpha-Capricornids dan Delta-Aquarids. Keduanya akan terjadi secara bergantian pada 29-31 Juli 2022 di malam hari. 

Baca Juga: Jokowi Dukung Kreativitas Anak Muda di Citayam Fashion Week

Hujan meteor tersebut sekilas terlihat menyerupai bintang jatuh atau bintang berpindah. Padahal, meteor adalah batuan atau debu antar-planet yang memasuki atmosfer lalu terbakar karena gesekan atmosfer.

Di wilayah Indonesia fenomena alam tersebut akan terjadi di langit selatan.

"Hujan meteor Alpha-Capricornids ini bisa diamati pada 30 - 31 Juli 2022 mulai pukul 20.00 WIB di ufuk timur. Namun waktu terbaik adalah setelah lewat tengah malam di arah langit selatan," kata Peneliti Utama bidang Astronomi dan Astrofisika BRIN Thomas Djamaluddin.

Baca Juga: GTA 5 Mod Combo APK Lite Gratis untuk Android? Gunakan Trik Ini 100% Aman dan Legal 

Menurut Thomas, diperkirakan lima meteor akan nampak melintas di langit bagian selatan setiap jamnya. Hujan meteor Alpha-Capricornids berasal dari gugusan deb komet 169P/NEAT yang berpapasan dengan bumi. 

Halaman:

Editor: Michael L W


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah