Diduga Meteor Jatuh di Gunung Merapi, Ini Komentar LAPAN

- 29 Mei 2021, 11:00 WIB
Foto viral diduga meteor jatuh di Gunung Merapi perbatasan Jogja Jateng
Foto viral diduga meteor jatuh di Gunung Merapi perbatasan Jogja Jateng /Dok pribadi Gunarto Song

KABAR JOGLOSEMAR - Media sosial sempat dihebohkan dengan foto diduga meteor jatuh di Gunung Merapi yang lantas menjadi viral.

Foto yang diambil oleh seorang fotografer asal Jakarta, Gunarto Song itu memperlihatkan kilatan cahaya biru yang ada di dekat Gunung Merapi.

Gunarto Song menyebut foto itu diambil dari lokasi Batu Alien di daerah Kaliadem, Cangkringan pada Kamis, 27 Mei 2021 malam pukul 23.07 WIB.

"Yang saya yakin dan saya lihat tiba-tiba ada cahaya terang banget jatuh dari atas ke bawah menuju puncak dalam hitungan 1 detik an. Sangat terang dan cepat. Itu foto asli," ujarnya kepada KabarJoglosemar.com pada Jumat.

Baca Juga: Perbedaan Putri Anne dan Andin Saat Hamil Diungkap Arya Saloka

Foto tersebut kemudian memicu sejumlah pertanyaan sekaligus spekulasi terkait dugaan meteor jatuh di Gunung Merapi.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) lantas mengkonfirmasi terkait foto diduga meteor jatuh di Gunung Merapi itu.

Peneliti Pusat Antariksa (Pusainsa) Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Emmanuel Sungging menduga bahwa kilatan cahaya yang muncul itu diduga merupakan meteor jatuh.

Baca Juga: BST Rp300 Ribu Diperpanjang Sampai Juni, Ini Data yang Harus Diisi Untuk Cek Penerima Bansos

Hal tersebut diungkapkan berdasarkan perkiraan dari warna yang terlihat baik dalam foto maupun video yang beredar. Meski demikian pihaknya belum dapat memastikan hal itu.

Halaman:

Editor: Galih Wijaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x