Kemenkes RI Rencanakan Vaksin COVID-19 Dosis 4 Jika Kasus Kian Meningkat

- 23 Juli 2022, 18:53 WIB
Ilustrasi COVID-19
Ilustrasi COVID-19 /Freepik


KABAR JOGLOSEMAR
- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI merencanakan pemberian Vaksin dosis 4 atau booster kedua apabila kasus Covid-19 terus meningkat.

Kabar rencana pemberian vaksin COVID-19 dosis 4 ini disampaikan langsung oleh Juru Bicara Kemenkes RI Mohammad Syahril.

Meski masih dalam perencanaan, ada sejumlah pertimbangan yang masih perlu dimatangkan, salah satunya bila pandemi COVID-19 yang melanda berlangsung dalam jangka waktu lama.

Baca Juga: Download Stray Game (PC) Full 10GB, Simulasi Kucing Oyen di Kota Robot

"Perencanaan (vaksin dosis 4) itu sudah ada. Pertimbangannya karena apa? Kan pandemi ini jangka panjang ya, sementara masa aktifnya atau respons antibodi dari vaksin setelah 6 bulan menurun atau berkurang," ungkap Syahril dikutip dari berbagai sumber.

Rencana ini sedang dipertimbangkan dengan melihat perkembangan kasus COVID-19 nasional dan global.

Pemberian dosis keempat ini terlebih dahulu akan menyasar kepada kelompok rentan atau berisiko tinggi tertular COVID-19. Kelompok rentan yang dimaksud seperti tenaga kesehatan (nakes), orang dengan komorbid, pelayanan publik, dan lansia.

Baca Juga: Diduga Buntut Minum Air Sungai, Menteri India Bhagwant Mann Masuk RS

"Apabila nanti pandemi ini berkepanjangan, maka ada satu kemungkinan atau suatu rekomendasi dari berbagai pihak untuk dilakukan vaksin booster kedua (dosis 4). Terutama (vaksin booster kedua) prioritas lagi kepada kelompok-kelompok yang berisiko. Contohnya, lansia, nakes, dan pelayanan publik. Itu semua kan ada prioritasnya," jelas Syahril.

Halaman:

Editor: Michael L W


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x