Cegah Penyakit Mulut dan Kuku, Pemerintah Kulon Progo Lakukan Disinfektan di Kandang Ternak

- 16 Mei 2022, 14:04 WIB
Ilustrasi - Pekerja melakukan penyemprotan disinfektan untuk mengantisipasi serangan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).
Ilustrasi - Pekerja melakukan penyemprotan disinfektan untuk mengantisipasi serangan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). /Antara/Syaifuk Arif/

KABAR JOGLOSEMAR - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo melalui Dinas Pertanian dan Pangan baru-baru ini melakukan penyemprotan disinfektan kandang ternak di Desa Pandowan, Kecamatan Galur. 

Adapun gerakan tersebut merupakan salah satu langkah pencegahan penularan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang kini sedang menyebar menyerang hewan ternak.

Menurut Aris Nugraha selaku Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo, mengungkap bahwa pihaknya sudah menyiapkan obat-obatan dan disinfektan dalam satu kelompok agar gerakan penyemprotan dapat berjalan dengan efektif dan cepat.

Baca Juga: Download Film KKN di Desa Penari dari Telegram atau Netflix? Ini Link yang Aman untuk Nonton

Perlu diketahui, pada Jumat tanggal 13 Mei 2022, telah ditemukan Penyakit Mulut dan Kuku yang menginfeksi dua hewan ternak di Kulon Progo. 

Adapun penyakit tersebut menyerang satu ekor sapi serta satu ekor domba. Hal tersebut lantas membuat Pemerintah setempat melakukan isolasi di sana.

Disinfektan di Pandowan, Kulon Progo

Aris menuturkan bahwa masyarakat setempat akan melakukan pemantauan yang intensif soal persebaran Penyakit Mulut dan Kuku.

Baca Juga: Dimulai dari Magelang, Tur Konser 'Mendung Tanpo Udan' Bakal Digelar di 3 Pulau dan 17 Kota

Halaman:

Editor: Ayusandra Adhitya Septi Andani

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x