Selain Covid-19, IDI Ingatkan Ada Penyakit Infeksi Jelang Musim Hujan Ada Demam Berdarah hingga HIV

- 1 September 2021, 09:14 WIB
Ilustrasi virus corona varian baru
Ilustrasi virus corona varian baru /Pixabay

KABAR JOGLOSEMAR - Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng Faqih menyampaikan ada penyakit infeksi selain Covid-19 yang perlu diwaspadai.

Ia mengungkapkan bahwa kasus Covid-19 di Indonesia masih tinggi. Dan masih ada penyakit lainnya harus diwaspadai jelang musim hujan, yakni demam berdarah.

“Jelang musim hujan ada penyakit infeksi seperti demam berdarah yang jumlah kasusnya banyak dan tingkat kematiannya masih tinggi sekali,” ujar Daeng dalam diskusi virtual pada Selasa, 31 Agustus 2021 kemarin.

Baca Juga: Jungkook BTS Beri Kado Berupa Lagu untuk ARMY di Hari Ulang Tahunnya

Tidak hanya demam berdarah tetapi ada juga penyakit tubercolosis (TBC) dan HIV. Menurutnya, masalah kesehatan penyakit ini masih tinggi di Indonesia dan jumlah kasusnya menduduki 5 besar di dunia.

Sedangkan penyakit polio di beberapa daerah masih tinggi. Ia menjelaskan bahwa tingginya kasus penyakit infeksi di Indonesia seperti mematahkan pernyataan pakar jika penyakit infeksi telah mengalami banyak penurunan serta mengarah pada penyakit gaya hidup.

Penyakit gaya hidup, katanya, merupakan penyakit yang tidak menular. Penyebab penyakit ini karena kurangnya aktivitas fisik, makanan tidak sehat, merokok, konsumsi alkohol, serta narkoba.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 1 September 2021: Nino Berusaha Mandiri, Elsa Kian Hancur Gara-gara Ulahnya

Penyakit infeksi masih ada dan sekarang ditambah adanya pandemi Covid-19 yang belum juga mereda.

Halaman:

Editor: Sunti Melati

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x