Stok Oksigen RS Dr Sardjito DIY Menipis, 6 Pasien Meninggal Dunia?

- 4 Juli 2021, 06:30 WIB
lustrasi tabung oksigen/ /
lustrasi tabung oksigen/ / /pixabay/Saurabhnj
 

KABAR JOGLOSEMAR- Sejumlah pihak menyayangkan akibat menipisnya stok oksigen di RS Sardjito Yogyakarta, terdapat 6 pasien meninggal dunia karena tidak bisa ditangani dengan cepat akibat pasokan oksigen yang semakin hari semakin berkurang.

Hal ini disampaikan langsung Anggota Komisi D DPRD DI Yogyakarta, Muhammad Yazid yang menyebut enam orang pasien Covid-19 di RSUP Dr Sardjito meninggal dunia akibat persoalan kelangkaan oksigen yang terjadi Sabtu (3/7/21).

"Saya sudah konfirmasi, saya dengar enam (meninggal dunia), ada 20 pasien Covid-19 lagi di IGD RSUP Dr Sardjito yang membutuhkan suplai oksigen untuk membantu pernafasannya. Kami sudah berkali-kali mengingatkan bahkan dua minggu yang lalu sebelum b 1617 ini masuk (DIY. Supaya sudah siap, termasuk kesediaan salah satunya oksigen," ujar Yazid.

Baca Juga: Dapat Album BTS THE BEST yang Sobek, BTS Sebut Album Spesial

Sementara itu, Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito, Banu Hermawan menyebut hari ini memang ada pasien meninggal di rumah sakitnya. Ia memastikan penyebab kematian pada sebagian pasien adalah kondisi klinis.

"Kalau yang sebelum waktu isya, itu memang ada pasien meninggal kondisi klinis. Tapi ini yang setelah isya ini saya belum bisa mendata lagi," kata Banu.

Banu menegaskan pihak RSUP Dr Sardjito tak bisa mengambil kesimpulan kelangkaan atau menipisnya stok oksigen di tempat tersebut turut memengaruhi sebagai penyebab kematian pasien-pasien.

Baca Juga: Seorang Profesor Ungkap Alasan BTS Bisa Jadi Populer di Dunia

"Kita tidak bisa menggeneralisasi bahwa mereka meninggal karena oksigen. Ini makanya saya masih koordinasi terkait hal tersebut," jelasnya.

Halaman:

Editor: Sunti Melati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x