5 Provinsi di Pulau Jawa Dominasi Penambahan Kasus Tertinggi COVID-19

- 18 Juni 2021, 11:40 WIB
Ilustrasi Kasus Covid-19 di Indonesia melonjak
Ilustrasi Kasus Covid-19 di Indonesia melonjak /Pixabay/cromaconceptovisual

KABAR JOGLOSEMAR - Penambahan kasus harian tertinggi COVID - 19 didominasi 5 provinsi di Pulau Jawa, yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan DIY.

Kelima provinsi merupakan daerah tujuan mudik dan arus balik libur Idul Fitri 2021.

"Pada tahun 2020, Provinsi Bali dan Sulawesi Selatan masuk 5 besar kenaikan tertinggi, namun tahun 2021 posisi kedua provinsi itu digantikan DIY dan Jawa Barat. Dengan demikian pada tahun ini provinsi 5 besar kasus tertinggi CoVID-19 semuanya ada di Pulau Jawa yaitu Jawa Tengah, DKI Jakarta, DIY, Jawa Timur dan Jawa Barat," kata Wiku Adisasmito, Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, pada Kamis 17 Juni 2021. 

Baca Juga: DIY Masuk 5 Besar Tambahan Kasus Harian Tertinggi Positif Covid-19

Menurut Wiku Adisasmito, karena 5 provinsi tersebut merupakan daerah asal dan tujuan mudik, maka kenaikan tertinggi ini bisa dikaitkan dengan mobilisasi masyarakat selama periode libur Idul Fitri.

Sebab, meski diberlakukan larangan mudik pada periode tertentu, namun mobilitas arus mudik dan arus balik Jabodetabek di luar waktu larangan mudik tetap meningkat.

5 Provinsi di Pulau Jawa AlamiPenambahan Kasus Covid-19 Tertinggi

"Mobilitas warga juga terjadi dalam kota dimana terjadi peningkatan mobilitas masyarakat ke pusat perbelanjaan selama periode Idul Fitri. 

Wiku Adisasmito yang dikutip Kabar Joglosemar dari laman covid19.go.id pada Jumat, 18 Juni 2021, mengatakan periode penambahan arus balik ke Jabodetabek selama 1 Minggu paska Idul Fitri menyebabkan periode dampak yang ditimbulkan menjadi 1 sampai 2 Minggu.

Halaman:

Editor: Sunti Melati

Sumber: covid19.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x