Ike Sri Redjeki, Dokter Pembuat Ventilator Meninggal Dunia

- 16 Juni 2021, 07:04 WIB
Dokter Sri Redjeki pembuat ventilator buatan Indonesia meninggal dunia
Dokter Sri Redjeki pembuat ventilator buatan Indonesia meninggal dunia /Twitter/@kang_ukki

KABAR JOGLOSEMAR - Kabar duka datang dari dunia kedokteran. Salah satu putri terbaik bangsa dunia kedokteran, Dr.dr. Ike Sri Redjeki, SpAn(K)-KIC KMN M.Kes, meninggal dunia akibat infeksi Covid-19.

Dokter Ike merupakan sosok di balik ventilator buatan Indonesia. Ilmunya yang luar biasa dia tinggalkan di dunia sebagai warisan yang amat berharga.

Dokter spesialis anestesiologi dan terapi intensif tersebut diketahui menghembuskan napas terakhir pada Selasa (15/6/21) dini hari. Dokter Ike tak kuasa menahan ganasnya virus Covid-19.

Baca Juga: Kenali Infeksi Darah, Penyakit yang Sebabkan Bunga Zainal Dilarikan ke Rumah Sakit

Dokter Ike adalah anggota tim pembuat ventilator Vent-I kerjasama antara ITB dengan Unpad. Ia juga dikenal sebagai dosen Fakultas Kedokteran Unpad yang sudah banyak memberikan ilmunya untuk dokter-dokter muda terbaik Indonesia.

Ventilator buatan tim dokter Ike diketahui sangat banyak membantu penanganan Covid-19 di Indonesia, terlebih di awal kejadian di mana alat medis tersebut begitu langka tetapi sangat diperlukan pasien Covid-19.

Proyek kolaborasi ITB dengan Unpad tersebut hanya butuh satu bulan untuk lulus uji teknik BPFK Kementerian Kesehatan dan satu bulan kemudian berhasil mendapat sertifikat lulus uji klinis. Kini, sebanyak 1.000 ventilator Vent-I telah didistribusikan gratis ke sejumlah rumah sakit.

Baca Juga: 17 Pasien Covid-19 di Jogja Meninggal dalam 24 Jam Terakhir

Kepergian Dokter Ike ini membuat beberapa masyarakat sedih. Termasuk seluruh rekan-rekan dokternya.

Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Prof Ari Fahrial Syam ikut menghaturkan bela sungkawa atas wafatnya Dokter Ike.

Halaman:

Editor: Galih Wijaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x