Sebanyak 313 Peserta UTBK SBMPTN 2021 Didiskualifikasi

- 14 Juni 2021, 14:16 WIB
Ilustrasi peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK SBMPTN didikualifikasi
Ilustrasi peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK SBMPTN didikualifikasi /Antara/David Muharmansyah

KABAR JOGLOSEMAR - Ada 313 peserta yang mengikuti Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) didiskualifikasi dalam SBMPTN 2021.

Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Prof. Nasih mengatakan peserta SBMPT yang didiskualifikasi lantaran sejumlah alasan mulai dari melakukan tindakan kecurangan sampai tak memenuhi kualifikasi.

Kabar tersebut disampaikannya bersamaan dengan hari pengumuman hasil seleksi SBMPTN 2021 diumumkan hari ini, Senin, 1 Juni 2021.

"Mereka yang tidak sesuai aturan kita diskualifikasi, kita berikan sanksi sejumlah 313 peserta," kata Nasih seperti dikutip Kabar Joglosemar dari YouTube LTMPT OFFICIAL.

Baca Juga: Walikota Solo Gibran Rakabuming Mendadak Sebut 'Mencintai Tak Harus Memiliki'

Sejumlah pelanggaran atau ketidak sesuaian yang menyebabkan peserta UTBK SBMPTN 2021 didiskualifikasi ialah seperti foto tak sesuai.

Pihaknya kenyebut ada 112 peserta yang memakai foto tidak sesuai dengan ketentuan yang ditentukan oleh panitia penyelenggara SBMPTN 2021.

"Untuk jumlah foto tidak sesuai turunnya drastis. Tahun sebelumnya ribuan tahun ini 122 yang fotonya masih tidak sesuai. Ada yang selfie, foto keluarga, lagi pacaran, foto lagi makan bareng itu dimunculkan dalam foto ujian," kata Nasih.

Sementara itu pelanggaran lainnya ada pula dilakukan oleh 191 peserta SBMPTN. Pelanggaran yang dilakukan saat pelaksanaan UTBK seperti berbicara dengan peserta lain atau tengok kanan kiri sampai membawa alat komunikasi.

Halaman:

Editor: Galih Wijaya

Sumber: YouTube LTMPT OFFICIAL


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x