Hari Ini Akan Terjadi Gerhana Matahari Cincin, Apa Itu Gerhana Matahari Cincin?

- 10 Juni 2021, 06:50 WIB
Ilustrasi Gerhana Matahari Cincin terlihat pada 10 Juni 2021
Ilustrasi Gerhana Matahari Cincin terlihat pada 10 Juni 2021 /Pixabay/Buddy_nath

KABAR JOGLOSEMAR - Mungkin tak banyak yang mengetahui jika hari ini Kamis (10/6/21) akan terjadi fenomena gerhana matahari cincin. Namun sayangnya fenomena alam ini tidak bisa disaksikan di Indonesia karena gerhana matahari cincin tidak melintas wilayah Indonesia.

Sebenarnya, apa itu gerhana matahari cincin? 

Gerhana matahari cincin adalah sebuah fenomena yang terjadi ketika Matahari, Bulan dan Bumi berada pada satu garis lurus.

Pada waktu terjadi gerhana, Bulan yang menutupi Matahari tampak lebih kecil, sehingga tidak mampu menghalangi seluruh cahaya Matahari. Fase bulan baru kali ini terjadi pada 10 Juni 2021 pukul 17.52 WIB dengan jarak 404.245 kilometer dari Bumi dan terletak di konstelasi Taurus.

Baca Juga: Hari Ini Fenomena Gerhana Matahari Cincin, Simak Cara Menyaksikannya untuk Warga Indonesia

Untuk mengamati gerhana matahari cincin, membutuhkan alat pelindung mata atau metode pengamatan tidak langsung. Hal itu perlu dilakukan untuk menghindari kerusakan mata.

Pelindung mata dilakukan dengan filter yang dirancang khusus untuk menghalangi radiasi berbahaya dari matahari. Kacamata hitam biasa atau alat-alat rumah biasanya tidak cukup untuk tujuan ini.

Cara yang lebih aman untuk mengamati gerhana adalah pengamatan tidak langsung. Yakni, dilakukan dengan memproyeksikan citra matahari ke sebuah layar, misalnya sebuah kertas putih.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan menempatkan sepotong kardus dengan lubang kecil (berdiameter 1mm) di antara matahari dan layar, alat ini disebut kamera lubang jarum. Selain kamera lubang jarum, dapat digunakan teleskop kecil atau teropong yang dapat memperbesar proyeksi matahari di layar.

Baca Juga: Unik, Sisca Kohl Buat Es Krim dari Paket BTS Meal: Seperti Apa Rasanya?

Halaman:

Editor: Galih Wijaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x