Gerhana Matahari Cincin Hari Ini, Berikut Daftar Link Live Streaming untuk Menyaksikan

- 10 Juni 2021, 06:55 WIB
Ilustrasi Gerhana Matahari Cincin atau Annular Solar Eclipse yang bakal yang bisa dilihat pada 10 Juni 2021 dan link live streaming
Ilustrasi Gerhana Matahari Cincin atau Annular Solar Eclipse yang bakal yang bisa dilihat pada 10 Juni 2021 dan link live streaming /NASA

KABAR JOGLOSEMAR - Fenomena Gerhana Matahari Cincin bakal bisa disaksikan sebagian masyarakat di bumi pada Kamis, 10 Juni 2021 hari ini.

Gerhana Matahari Cincin merupakan suatu peristiwa ketika Bulan menutupi pusat Matahari.

Gerhana Matahari Cincin bisa terjadi ketika posisi Bulan terletak cukup jauh dari Bumi sehingga Bulan tampak lebih kecil dari Matahari.

Alhasil, Bulan tidak menghalangi seluruh permukaan Matahari dan menyisakan pinggirnya sehingga akan terlihat seperti cincin api di sekitar Bulan.

Baca Juga: Hari Ini Fenomena Gerhana Matahari Cincin, Simak Cara Menyaksikannya untuk Warga Indonesia

Dikutip dari laman Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), fenomena astrologi ini juga sekaligus menandai fase Bulan baru.

Sayang sekali, peristiwa langka tersebut tidak bisa disaksikan secara langsung dari Indonesia.

"Gerhana Matahari Cincin tidak bisa diamati dari Indonesia, tapi di wilayah ke Kutub Utara," ungkap Kepala Bidang Diseminasi Pusat Sains Antariksa LAPAN, Emanuel Sungging Mumpuni saat dihubungi Kabar Joglosemar pada Selasa, 8 Juni 2021.

Walaupun Gerhana Matahari Cincin tidak bisa disaksikan secara langsung dari Indonesia, fenomena astronomi ini bisa disaksikan secara live streaming, 10 Juni 2021 mulai pukul 16.00 WIB. 

Baca Juga: Unik, Sisca Kohl Buat Es Krim dari Paket BTS Meal: Seperti Apa Rasanya?

Halaman:

Editor: Galih Wijaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x