Kemensos Lakukan Verifikasi dan Validasi Data KPM, Begini Cara Mengecek Bansos Juni 2021

- 9 Juni 2021, 07:39 WIB
Bansos BST, PKH, BPNT
Bansos BST, PKH, BPNT /instagram.com/ @kemensosri

KABAR JOGLOSEMAR - Kementerian Sosial (Kemensos) melakukan verifikasi dan validasi data Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebagai penerima bantuan sosial (bansos). Langkah ini dilakukan Kemensos agar bansos tepat sasaran dan merata.

Dilansir dari Antara, bansos program Kemensos terbagi menjadi tiga, yakni Bantuan Sosial Tunai (BST), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau Kartu Sembako, dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Sementara itu, target penerima BPNT sebanyak 18,8 juta KPM dan PKH untuk 10 juta KPM di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Penulis Penthouse Sebut Alasan Pakai Konsep Bangkit dari Kubur pada Su Ryeon dan Logan Lee

Hal ini diumumkan oleh Dirjen Penanganan Fakir Miskin (PFM) Asep Sasa Purnama dalam keteranganya pada Selasa, 8 Juni 2021 kemarin.

Verifikasi dan validasi data penerima bansos ini dilakukan agar 60 persen dari desil (tingkat wilayah kemiskinan) enam agar ada efektifitas data serta tepat sasaran.

Menurutnya, Dirjen Penanganan Fakir Miskin terbantu dengan adanya proses verifikasi dan validasi data KPM agar tepat sasaran dan mempercepat upaya pemerintah mendorong kemandirian ekonomi.

“Upaya mempercepat kemandirian ekonomi merupakan upaya lintas Kementerian/Lembaga yang bisa disinergikan dengan para pihak, seperti BUMN dan dunia usaha,” terangnya.

Baca Juga: Mewah Bertabur Berlian, Intip Harga Cincin Tunangan Lesty Kejora dan Rizky Billar

Halaman:

Editor: Sunti Melati

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x