Gerhana Bulan Total Sambangi Langit Indonesia Malam Ini, 26 Mei 2021

- 26 Mei 2021, 05:15 WIB
Ilustrasi gerhana bulan total yang bakal bisa dilihat di langit Indonesia pada Rabu, 26 Mei 2021
Ilustrasi gerhana bulan total yang bakal bisa dilihat di langit Indonesia pada Rabu, 26 Mei 2021 /Dok BMKG

KABAR JOGLOSEMAR - Malam ini fenomena gerhana bulan total bakal terlihat di atas langit dan bisa disaksikan oleh masyarakat Indonesia pada Rabu, 26 Mei 2021.

Gerhana bulan total malam ini sangat spesial sebab beriringan dengan Peringe, yakni ketika Bulan berasa di jarak terdekat dengan Bumi.

bulan akan tampak merah karena pembiasan cahaya Matahari oleh lapisan atmosfer Bumi. Gerhana Bulan Total ini disebut jugan dengan super blood moon.

Perlu diketahui, peristiwa alam ini disebabkan karena dinamisnya pergerakan posisi matahari, bumi, dan bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama yang bisa diprediksi.

Baca Juga: Kapan Waktu yang Tepat Shalat Gerhana Dilakukan? Ini Tata Cara Hingga Doa yang Dipanjatkan

Adapun gerhana bulan total bisa terlihat saat posisi matahari, bumi, dan bulan sejajar. Hal ini terjadi saat bulan berada di umbra bumi, yang berakibat saat puncak gerhana bulan total terjadi.

Wilayah yang beruntung bisa menyaksikannya ialah Asia Timur, Asia Tenggara, Australia, Selandia Baru, Oseania, sebagian besar benua Amerika. Tak ketinggalan BMKG menyebut pula Indonesia juga akan disambangi oleh gerhana bulan total tahun 2021.

Bagi yang tertarik ingin menyaksikan gerhana bulan pada 26 Mei 2021, berikut ini jadwal fenomena alam untuk wilayah Indonesia barat dilansir dari laman BMKG.

Awal gerhana mulai pukul 15.46 WIB bisa disaksikan di Papua bagian tengah. Provinsi Papua dapat menyaksikan seluruh proses terjadinya GBT.

Baca Juga: Heboh Alun-alun Utara Yogyakarta Alami Kebakaran, Ternyata Ini yang Terbakar

Halaman:

Editor: Galih Wijaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah