Gunung Berapi Nyiragongo di Kongo Meletus, Aliran Lahar Capai Jalan Raya hingga Rumah Warga

- 23 Mei 2021, 17:50 WIB
Situasi akibat letusan gunung berapi Nyiragongo di Kongo menyebabkan kepanikan warga
Situasi akibat letusan gunung berapi Nyiragongo di Kongo menyebabkan kepanikan warga /Twitter/@GiversonMaina dan @paulakahumbu

KABAR JOGLOSEMAR - Letusan gunung berapi Nyiragongo di Kongo menyebabkan kepanikan warga di tempat yang berpenduduk hampir 2 juta orang itu.

Pasalnya lahar gunung berapi tersebut dilaporkan mencapai jalan raya hingga rumah penduduk. Tak hanya itu, situasi tersebut mengubah langit malam menjadi merah menyala.

Warga setempat dilaporkan oleh ABC News mengatakan bahwa lahar menutup satu jalan raya yang menghubungkan Goma dengan kota Beni di provinsi Kivu Utara.

Baca Juga: Viral Video Kerumunan Lautan Manusia di Pantai Karang Hawu, Berujung Dibubarkan Petugas

Saat lava mengalir ke selatan menuju kota, ia mencapai bandara di pinggir kota, kata ahli vulkanologi Dario Tedesco, yang berbasis di Goma.

Tedesco mengatakan patahan baru muncul di gunung berapi, menyebabkan lava mengalir ke selatan menuju kota setelah awalnya mengalir ke timur menuju Rwanda.

"Ini mirip dengan tahun 2002. Menurut saya lahar itu mengarah ke pusat kota. Mungkin berhenti sebelumnya atau terus berlanjut. Sulit untuk diperkirakan," ujarnya.

Misi penjaga perdamaian PBB yang dikenal sebagai MONUSCO mentweet cuplikan dramatis dari kota itu turun, mengatakan sedang melakukan penerbangan pengintaian di atas Goma.

Baca Juga: Begini Kronologi Serempet Mobil Versi Lucky Alamsyah dan Roy Suryo yang Mendadak Viral

"Lahar itu sepertinya tidak menuju ke kota Goma. Kami tetap waspada," katanya.

Halaman:

Editor: Galih Wijaya

Sumber: ABC News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x