7 Daerah Zona Merah Diminta Waspada Setelah Libur Lebaran, Ini Daftarnya

- 22 Mei 2021, 18:40 WIB
Jubir Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito
Jubir Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito /YouTube/Sekretariat Presiden

KABAR JOGLOSEMAR - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito meminta tujuh daerah di zona merah untuk segera berbenah dan memperbaiki penanganan Covid-19.

Pihaknya khawatir jika tak ada pembenahan, bukan tidak mungkin wilayah tersebut bakal kewalahan akibat potensi lonjakan kasus pasca-Lebaran.

"Jika tujuh kabupaten/kota ini sudah berada di zona merah sebelum libur Idul Fitri, bukan tidak mungkin kabupaten/kota ini akan kewalahan menghadapi kemungkinan kenaikan kasus yang berpotensi dalam 2 atau 3 pekan ke depan," ujar Wiku dalam keterangan tertulis.

Baca Juga: Bantu Penelitian Universitas, Dermawan Tak Dikenal Donasi Bitcoin Senilai 71 Triliun

Tujuh kabupaten/kota yang menjadi perhatian, di antaranya Sleman (DIY), Salatiga (Jawa Tengah), Palembang (Sumatera Selatan), Pekanbaru (Riau), Solok dan Bukittinggi (Sumatera Barat), dan Deli Serdang (Sumatera Utara).

Pihaknya mengingatkan terkait potensi lonjakan kasus pasca-Lebaran meski hingga saat ini data perkembangan penanganan Covid-19 belum menunjukkan dampak yang dikhawatirkan.

Tak cuma memberi warning pada zona merah, Wiku juga memberi perhatian pada zona oranye, zona kuning, dan zona hijau agar terus meningkatkan penanganan COVID-19 dan utamanya dalam beberapa pekan ke depan sebagai antisipasi dampak libur Idul Fitri.

Baca Juga: Kasir Bikin Perjanjian dengan Bocah yang Mau Top Up Game, Netizen: Bikin Bukti Biar Nggak Dimarahi Bapaknya

"Kesiapsiagaan menghadapi apapun yang terjadi ke depannya merupakan kunci dalam merespons perubahan secara cepat, sehingga kondisi apapun dapat dikendalikan," kata dia.

Sebagai antisipasi, pihaknya mendesak agar setiap daerah memperketat pengawasan kepatuhan protokol kesehatan serta memaksimalkan skrining dan testing.

Halaman:

Editor: Galih Wijaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x